PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PASAR VALUTA ASING PADA MATA KULIAH EKONOMI INTERNASIONAL 2 (STUDI MAHASISWA SEMESTER 5 JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI UMSU)
Abstract
Berdasarkan hasil tes, terdapat peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi pasar valuta asing dalam setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada siklus I untuk semester 5/A/IESP mencapai 76,95 dan pada siklus II yaitu 93,37. Ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 63,05% dan pada siklus II yaitu 100%. Peningkatan pemahaman diikuti juga oleh aktivitas mahasiswa yang meningkat. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran CTL paada mahasiswa semester 5 jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi UMSU. Peneliti menyarankan agar dosen menggunakan model pembelajarn CTL ini dalam pembelajaran materi kuliah pasar valuta asing pada mata kuliah ekonomi internasional 2 dan dosen harus sungguh-sungguh membimbing mahasiswanya dalam pembelajaran.
Kata kunci : Pemahaman materi pasar valuta asing, Contextual Teaching and Learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.30596/jimb.v16i2.998
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 1693-7619 (print) | ISSN 2580-4170 (online)