Pembuatan Alat Pencacah Rumput Untuk Pakan Ternak Kambing

Josef Hadipramana, Fetra Venny Riza, Abdul Bahri

Abstract


Salah satu potensi yang dimiliki oleh Kelurahan Tanah Enam Ratus khususnya di jalan Marelan Pasar 1 rel Lingkungan VI Tanah Enam Ratus adalah peternakan kambing. Peternak setiap hari harus menyediakan rumput dalam jumlah yang cukup banyak untuk dirajang sebagai bahan pakan ternak. Peternak di daerah Kelurahan Tanah Enam Ratus khususnya dijalan Marelan psr.1 rel dalam mencacah rumput masih menggunakan sabit, sehingga apabila rumput dalam jumlah yang cukup banyak maka dibutuhkan tenaga yang lebih banyak. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah menghadirkan teknologi tepat guna bagi peternak kambing, yaitu alat pencacah rumput yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam hal penyediaan pakan sehingga kapasitas/jumlah kambing yang diternak dapat meningkat. Maka dari itu sebagai bagian dari pengabdian masyarakat, UMSU melalui program KKN membuat mesin pencacah rumput yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Keywords


Pencacah rumput, Pakan, ternak

Full Text:

PDF

References


BPS Kota Medan, Kota Medan Dalam Angka 2021.

BPS Kecamatan Medan Marelan, Kecamatan Medan Marelan dalam angka, 2021

Ella Saghita Bangun, Analisis Produksi Dan Pendapatan Usaha Ternak Kambing Pedaging Sistem Intensif, Skripsi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, 2013.

Muhammad Syahrir dan Iskandar Hasan, Pembuatan Alat Pencacah Rumput Semi Otomatis Teknologi Volume 20 NO. 1 Oktober 2019.

Ahmad Hanafie1, Muh. Fadhli2, dan Ilwan Syahruddin3 Rancang Bangun Mesin Pencacah Rumput Untuk Pakan Ternak Iltek,Volume 11, Nomor 21, April 2016.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.