Bimbingan Teknis Multimedia Interaktif Smart App Creator Bagi Guru di SDN 1 Poso Kota Utara

Rizal Rizal, Kadek Hariana, Fahriadi Fahriadi, Sisriawan Lapasere, Surahman Surahman, Ryan Andika Pratama

Abstract


Judul Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah Bimbingan Teknis Multimedia Interaktif Smart App Creator Bagi Guru di SDN 1 Poso Kota Utara. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuannya di bidang IT dalam upaya mendukung proses pembelajaran yang efektif di era digital saat ini sehingga guru dapat memastikan siswa mengikuti pembelajaran dalam waktu yang bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda. Dalam pembelajaran luring maupun daring sangat memerlukan pengembangan media pembelajaran, khususnya di SDN 1 Poso Kota Utara. Media pembelajaran dengan konsep multimedia interaktif sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga dalam penyusunannya seorang guru harus kreatif dan inovatif dalam melek teknologi digital terbarukan saat ini. Mitra Kegiatan PKM ini adalah Guru di SDN 1 Kota Utara. Guru di sekolah ini diberikan bimbingan teknis dalam membuat media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan aplikasi Smart App Creator. Target khusus yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah guru di SDN 1 Poso Kota Utara mampu mengoperasikan dan membuat media pembelajaran menggunakan Smart App creator. Beberapa teknik atau metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah; diskusi kelompok, FGD, curah pendapat (brainstorming) dan demonstrasi. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu memberi pelatihan tentang teori media pembelajaran dan praktek mengembangkan multimedia interaktif smart app creator, melakukan pendampingan pengembangan multimedia interaktif smart app creator, melakukan evaluasi terhadap hasil pengembangan multimedia interaktif smart app creator untuk mengukur efektifitas pengabdian yang dilakukan.

Keywords


Bimbingan Teknis; Multimedia Interaktif Smart App; SDN 1 Poso Kota Utara.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 mengenai penyerdehanaan RPP

Gundogdu, K., Silman, F., &Ozan, C. (2011). A Comparative Study on Perception of Teachers on the Use of Computers in Elementary Schools of Turkey and T.R.N.C. International Online Journal of Educational Sciences, 3(1), 113-137.

Kutluca, T. (2010). Investigation of Teachers Computer Usage Profiles and Attitudes toward Computers. International Online Journal of Educational Sciences, 2(1), 81-97.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Pasal 39 ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, adalah melaksanakan adminsitrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan

Pemendikbud nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen

UU Nomor 14 Tahun 2005 dan Standar Nasional Pendidikan melalui PP Nomor 19/2005 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.