IbM PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT DESA JARING HALUS MELALUI PROGRAM GAZI (Warga Sadar Gizi)

Emni Purwoningsih

Abstract


Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di desa jarring halus dengan memberdayakan kemandirian masyarakat untuk memperhatikan kualitas gizi makanan yang mereka konsumsi. Program ini juga bertujuan untuk meingkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam melakukan edukasi tentanng gizi dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Program ini menggunakan pendekatan participatory rural appraisal, pendekatan ini melibatkan masyarakat sebagai agen pembangunan (perubahan). Kegiatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan dan gizi masyarak di desa jarring halus, mengedukasi tentang gizi cara pengolahan makanan yang baik dan benar, dan pengaturan menu seimbang untuk ibu-ibu dan anak sekolah, membentuk dan membina kelompok Warga Sadar Gizi GAZI sebagai kader gizi yang melibatkan peran puskesmas dan posyandu dan memberikan pelatihan hydroponik buah dan sayuran agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan buah dan sayur mereka sendiri.


Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.