IbM PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU RAUDHATUL ATHFAL DI KECAMATAN PATUMBAK

Widya Masitah, Hasrian Rudi Setiawan

Abstract


Pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi guru Raudhatul Athfal Kecamatan Patumbak dilakukan karena kurangnya ilmu tentang media yang ada pada guru RA di kecamatan patumbak. Hal itu disebabkan karena latar belakang pendidikan guru RA di Kecamatan Patumbak rata-rata hanya lulusan Sekolah Menengah Umum. Sebelumnya, para guru RA ini bekerja di PTPN 2 Marindal yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Metode yang digunakan dengan mengadakan kegiatan pelatihan bagi guru-guru RA dan bekerja sama dengan Ikatan Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Patumbak-Biru Biru. Guru-guru RA diajarkan bagaimana cara membuat media pembelajaran menggunakan computer. Selanjutnya dilakukan monitoring oleh tim pengusul sampai mitra mengembangkan dirinya. Pada akhir program ini diharapkan guru-guru RA dapat membuat media pembelajaran sendiri dengan menggunakan computer. Jika guru-guru RA sudah mahir menggunakan computer dalam pembuatan media pembelajaran, naninya mitra dapat membuat buku sendiri yang isinya berkaitan dengan media pembelajaran anak RA.


Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.