Edukasi Kesehatan Tentang Penyakit Demam Tifoid Pada Anak MDTA Ar-Ridha

Muhammad Ramadhani, Desi Isnayanti, Cut Mourisa

Abstract


Demam Tifoid atau thypus abdominalis merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thypi atau Salmonella parathypi. Penyakit yang biasanya dikenal dengan sebutan Tipes atau thypus ini sangat berkaitan erat dengan higiene seseorang dan sanitasi lingkungan, seperti higiene perorangan yang rendah, lingkungan yang kotor, kebersihan tempat-tempat umum yang kurang serta perilaku masyarakat yang tidak mendukung untuk hidup sehat. Tujuan: Untuk meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan terutama dalam melakukan upaya pecegahan sehingga terhindar dari penyakit demam tifoid. Metode: Sosialisasi dengan memberikan edukasi melalui media cetak (poster) kepada peserta MDTA Ar-Ridha.


Full Text:

PDF

References


Suherman W. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata. Kumpulan Makalah Pembekalan KKN UNY 2011, hal 21-29

Perdana A, Holilulloh, Nurmalisa Y. Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa Program Studi PPKN Universitas Lampung Tahun 2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. 2013.

Depkes RI.2013. Sistematika Pedoman Pengendalian Penyakit Demam Tifoid. Jakarta: Direkktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan

Depkes RI.2006. Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 364/MENKKKES/SK/V/2006 tentang Pedoman Pengendalian Demam Tifoid. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.