Narkoba; Bahaya Dan Dampak Pada Usia Remaja

Muhammad Devi Fauzan Rizki, Ance Roslina, Yenita Yenita

Abstract


Penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin meningkat dan permasalahan yang ditimbulkan juga semakin kompleks yang merupakan kejahatan lintas negara (transnational crime), terorganisir (organized crime), dan serius (serious crime) yang dapat menimpa berbagai lapisan masyarakat terutama remaja. Metode KKN yang digunakan adalah dengan melakukan penyuluhan, pemberian masker terhadap siswa siswa Madrasah Nahdatul Muslimin di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Selain itu kegiatan juga diisi dengan pelayanan Posyandu. Hasil dari kegiatan ini, penyuluhan yang diberikan bisa diterima oleh siswa siswi Madrasah Nahdatul Muslimin dengan baik yang ditandai dengan aktifnya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sehingga timbul hubungan timbal balik yang nyata antara saya dan siswa maupun siswi.

Full Text:

PDF

References


Gatot Supramono. 2014. Hukum Narkoba Indonesia. Djambatan. Jakarta.

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Hari Sasangka. 2015. Narkotika dan Psikotropika Dalam Hukum Pidana. Mandar Maju. Bandung

Harlina, Lydia Martono dan Satya Joewana. 2016. Belajar Hidup bertanggung Jawab, Menangkal Narkoba dan Kekerasan. Jakarta. Balai Pustaka.

Pasaribu, S., Pohan, I. S., & Hsb, R. H. (2020). Strategi Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dalam Pemanfaatan Handsanittizer dan Masker pad Warga di Desa Ujung Teran Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 248-261.

Rahayu, R. (2021). vAKSIN cOVID 19 di Indonesia: Analisis Berita Hoax. Jurnal EkoSosHum, 2(7), 39-49.

Sepang, M. (2021). Penyuluhan Kesehatan Tentang Adaptasi Kebiasan Baru dan Pentingnya Vaksinasi Covid 19 pada Masyarakat di Desa Rumengkor Dua Kabupaten Minahasa. Jurnal Emas, 5(2), 39-46.

Yuliana, Y. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur. WELLNESS Heal Mag, 187-192.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.