Sosialisasi Menabung Sejak Dini Kepada Siswa Sekolah Dasar Negeri Sei Lepan Kabupaten Langkat

Rita Harisma, Avira Syahara

Abstract


Menabung merupakan salah satu kegiatan yang sangat berguna bagi masyarakat dari berbagai kalangan, dewasa, anak-anak, maupun orang tua. Menabung adalah kegiatan baik untuk ditanamkan sejak dini, karena dengan berhemat seseorang dapat memberikan dampak positif di kemudian hari. Tujuan dari Kuliah, Kerja, Nyata adalah untuk meningkatkan empai dan kepedulian mahasiswa menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi secara team work dan interdicipliner. Menanamkan nilai kepribadian dan tanggungjawab, kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan. Dengan menerapkan materi menabung sejak usia dini kepada siswa Sekolah Dasar diharapkan dapat membangun kebiasaan positif tersebut sehingga mereka dapat membentuk sebuah sikap disiplin, menumbuhkan kesadaran anak untuk lebih menghargai uang, anak diajarkan sifat mandiri dan tidak boros serta anak diajarkan kosisten untuk dapat mencapai suatu keinginannya. Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melakukan salah satu kegiatan sosialisasi tentang Sosialisasi Manfaat Menabung Sejak Dini kepada para siswa di Sekolah Dasar Negeri 054938 Kelurahan Alur Dua, dimana masih rendahnya pemahaman serta budaya menabung di kalangan siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pemahaman kepada siswa Sekolah Dasar Negeri 054938 Alur Dua mengenai pentingnya menabung dan manfaatnya untuk masa depan; (2) memotivasi siswa untuk mau menabung sehingga menumbuhkan kesadaran pada siswa untuk dapat menyisihkan sebagian kecil dari uang jajannya untuk ditabung; (3) melatih kreativitas siswa dalam memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang berguna. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan sehingga menumbuhkan kesadaran pada siswa untuk dapat menyisihkan sebagian kecil dari uang jajannya untuk ditabung.

Keywords :

Manfaat Menabung; Berhemat; Sejak dini.


Full Text:

PDF

References


Mella Anggita Putri, W. W. (2021). Edukasi Bagi Anak Anak Mengenai Manfaat Menabung Sejak Dini di Desa Mekar Mulya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 64-68.

Muhammad Nuh, R. S. (2021). Sosialisasi Pentingnya Manfaat Menabung Sejak Dini. DEDIKASI, 119-125.

Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Amelia, C., & Pratiwi, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Bagi Guru TK Al-Munawwaroh Dan TK Dewantara. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 238-243.

Ginting, N. (2021). Problem Based Learning Implementation In PAI Learning. Proceeding International Seminar of Islamic Studies (pp. 620-625). Medan: Fakultas Agama Islam UMSU.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.