Sosialisasi Dan Edukasi Pencegahan Covid-19 Dalam Memasuki Pembelajaran Tatap Muka Di Desa Percut Sei Tuan

Ceri Permata Ayuni, Nurfadly Nurfadly, Humairah Medina Liza Lubis

Abstract


Coronavirus Disease (COVID-19) masihmenjadi ancaman di berbagai Negara seluruh dunia, khususnya di Indonesia dan Sumatera Utara. Penyakit ini menyerang semua golongan, anak-anak, dewasa dan lansia. Pembukaaan sekolah yang dilakukan pemerintah, anak-anak serta remaja perlu mendapatkan edukasi yang mudah dipahami mengenai COVID-19 dan cara pencegahannya saat proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Hal ini yang menjadi dasar penulis dalam melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan memberikan penyuluhan atau sosialisasi tentang COVID-19 dan upaya pencegahannya kepada siswa SD, SMP, dan SMA di Desa Percut dalam melakukan pembelajaran tatap muka.Tujuan kegiatan ini yaitu agar mampu menekan angka positif COVID-19 di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dengan cara memberikan pengetahuan tentang pentingnya memahami dan mengaplikasikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 terutama cuci tangan dan memakai masker pelindung muka dengan baik dan benar, port de entry dari virus tersebut serta memberikan gambaran tentang bahaya jika tidak mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 seperti gejala dan tanda yang akan ditimbulkan dan dilanjutkan dengan praktek secara langsung mengenai cara memakai dan melepaskan masker serta mencuci tangan dengan baik dan benar. Penyampaian materi dilakukan dengan menggunakan media slide power point dan video animasi, tidak lupa pula di sela-sela penyampaian materi diadakannya kegiatan ice breaking, dan diakhir penyampaian materi dilakukan quiz terkait materi yang disampaikan sebelumnya.

Keywords


Covid-19; Pencegahan; Edukasi: Pembelajaran; Tatap Muka.

Full Text:

PDF

References


Jurnal JAM, Masyarakat A, Mandira TM, et al. the Importance of Hand Wash and Using a Mask To Prevention Covid 19 During Pandemic. 2021;2(1):122-128.

Mona N. Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Sosial Humaniora Terapan. 2020;2(2).

Pengajian KI, Perumahan DI, Bukit V. Sosialisasi Dan Edukasi Tentang Pencegahan Covid- 19 Pada. 2021;2(1):415-419.

Saputro AA, Saputra YD, Prasetyo GB. Analisis Dampak COVID-19 Terhadap Kesadaran Masyarakat Dalam Penerapan Protokol Kesehatan. Creating Productive and Upcoming Sport Education Profesional Hmzanwadi University. 2020;3(2).

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Pedoman Perubahan Perilaku.; 2020.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.