Pelatihan Membaca Permulaan Bagi Anak-Anak Di Desa Longkewang, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Ida Hamidah, Andriyana Andriyana

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan membaca permulaan bagi anak-anak yang dilaksanakan di Desa Longkewang Kecamatan Ciniru Kabupaten Kuningan. Kesadaran terhadap pentingnya pendidikan yang kurang dan adanya Pandemi Covid-19 yang menyebabkan anak-anak di Desa longkewang harus belajar secara daring. Hal tersebut menyebabkan anak-anak mengalami keterlambatan membaca dan perlu mendapatkan bantuan berupa pelatihan membaca khusunya pada membaca permulaan. Pelatihan membaca permulaan pada anak-anak di Desa Longkewang bertujuan untuk melatih membaca anak-anak dan memberikan pelatihan membaca permulaan kepada orang tua siswa, agar anak-anak mampu mengejar ketertinggalnnya dalam hal membaca. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari. Hasil pengabdian masyarakat berhasil meningkatkan kemampuan membaca anak-anak di Desa Longkewang dan berhasil memberikan pelatihan kepada para orang tua siswa sehingga meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pentingnya pendidikan. Pelatihan membaca yang dilaksanakan menggunakan metode membaca permulaan global atau metode kalimat. Melalui metode membaca global, anak anak lebih antusias dan tertarik untuk belajar membaca. Dengan hasil tersebut diharapkan  para orang tua mampu menerapkan metode pembelajara membaca yag tepat dan kemudian anak-anak di Desa Longkewang tidak lagi tertinggal dalam hal membaca juga mulai menyadari akan pentingnya pendidikan.

References


Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Ginting, N. (2021). Problem Based Learning Implementation In PAI Learning. Proceeding International Seminar of Islamic Studies (pp. 620-625). Medan: Fakultas Agama Islam UMSU.

Iskandarwassid dan D. Suhendar. (2008). Strategi pembelajaran bahasa dan sastra. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Khairiah, N., Nurzannah, & Harisman. (2018). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Penanaman Nilai-Nilai Good Governance Sebagai Upaya Pencegahan Korupsi Pada Mahasiswa Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

LPPM Universitas Kuningan. 2021. Panduan Pelaksanaan Pengabdian kepada

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Masyarakat Universitas Kuningan Tahun 2021.

Mulyati, Yeti. 2012. Membaca dan Menulis Permulaan. Bandung: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Tampubolon. (2015). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.