Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Era Revolusi 5.0 Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mentimeter di SMA Swasta Al Amjad Medan

Ambar Wulan Sari, Mutia Febriyana, Dewi Juni Artha

Abstract


Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMA Swasta Al Amjad Medan adalah membantu para guru dalam memaksimalkan kompetensi guna menjawab tantangan dan perubahan di era revolusi 5.0 sekaligus memenuhi tuntutan pembelajaran masa kini berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) melalui aplikasi Mentimeter. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat berupa pelatihan bagi para guru  yakni pembekalan dan praktik pembuatan media pembelajaran melalui aplikasi tersebut. Kegiatan ini berisi beberapa tahapan kerja sebagai berikut: melaksanakan survei, diskusi awal terkait kebutuhan para guru, memberikan pelatihan, pendampingan dalam praktik pembuatan media pembelajaran melalui aplikasi Mentimeter, refleksi hasil workshop dan pendampingan, dan pendampingan dalam tindak lanjut. Hasil yang diperoleh melalui pelatihan ini ialah para guru berhasil memeroleh pemahaman serta sudah mampu mengaplikasikan mentimeter secara mandiri.

References


Daryanto, Karim Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21.Yogyakarta: Gava Media.

Hanafy, Muh. Sain. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1). 66-79.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Nasution S. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Nasution, I. S., & Siregar, E. S. (2021). Implementasi Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Bagi Guru SD Muhammadiyah 12 Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 206-212.

Saragih. (2020). Etnopedagogi : Pendekatan Pendidikan Berbudaya dan Membudayakan. Makalah Seminar Internasional. FPIPS Universitas Lambung Mangkurat.

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 417–422.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.