Penyuluhan Strategi UMKM Ibu PKK Desa Pasir Penjengakan Dalam Pemasaran Produk Melalui Media Sosial

Sabitah Sabitah, Lusi Tutur Mulia, Roezaini Soefi, Rila Maufira, Muridha Hasan

Abstract


Penyuluhan adalah suatu kegiatan mendidik sesuatu kepada individu ataupun kelompok, memberi pengetahuan, informasi-informasi dan berbagai kemampuan agar dapat membentuk sikap dan perilaku hidup yang seharusnya. Hakekatnya penyuluhan merupakan suatu kegiatan nonformal dalam rangka mengubah masyarakat menuju keadaan yang lebih baik seperti yang dicita-citakan. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di desa Penjengakan, dengan target utama ibu-ibu PKK. Kegiatan utama dalam pengabdian masyarakat ini adalah penyuluhan dan desain label kemasan. Isi penyuluhan terdiri dari perencanaan produksi, strategi marketing, dan cara membuat akun bisnis serta memasarkannya melalui media sosial. Penyuluhan strategi pengembangan dalam pemasaran produk UMKM di era digital yang telah dilakukan di desa ini sangat penting bagi pelaku UMKM agar dengan pemanfaatan media sosial, pelaku UMKM dapat memperoleh keuntungan yang lebih, mereka juga dapat melakukan komunikasi secara intens dengan pelanggan karena sebagian masyarakat yang kini cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya dengan menggeluti media sosial, sehingga pelaku UMKM dapat berpeluang memenuhi capaian target pemasaran produk mereka sekaligus dapat menyelamatkan atau bahkan meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat

References


Akrimi, Y., & Khemakem, R. 2012. What Drive Customers to Spread The Word in Social Media. Journal of Marketing Research and Case Studies.

Diniaty, D., & Agusrinal. (2014). Perancangan strategi pemasaran pada produk anyaman pandan. Jurnal Sains, Teknoligi Dan Industri, 11(2), 175-184.

Floreddu, P.B., Cabiddu, F., & Evaristo R. 2014. Inside your social media ring: How to optimize online corporate reputation, Kelley Scholl of Business, Indiana University.

Hudson, S., Roth, M.S., Madden, T.J., & Hudson, R. 2015. The Effect of Social Media on Emotions, Brand Relationship Quality, dan Word of Mouth. Journal of Tourism Management

Katona, Z., Zubscek, P,P,. & Sarvary, M. 2011. Network Effects and Personal Influences: The Diffusion of an Online Social Network. Journal of Marketing Research

Kaplan, A,M., & Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, Vol. 53 No. 1, pp. 59-68

Taylor, D,G., Lewin, J,E., & Struton, D. 2011. Do Ads Work On Social Media, Journal of Advertising Research.

Trainor, K,J., Andzulis, J., Rapp, A., & Agnihotri, R. 2014. Social Media Technology Usage and Customer Relationship Performance, Journal of Business Research. Vol 27




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.