Penyusunan Modul Ajar pada Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs 'Aisyiyah Kota Binjai

Irvan Irvan, Rahmat Mushlihuddin, Arief Aulia, Triayuni Hartati, Alfauzan Ramadhanny Simangunsong

Abstract


Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa 70% siswa berusia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum dalam memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar. Hal ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19, yang menyebabkan terjadinya Learning Loss. Hal ini dapat menyebabkan tingkat kemampuan peserta didik akan mengalami penurunan. Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Permasalahan yang akan diselesaikan oleh Tim Pengabdian PKM dan bekerjasama dengan mitra MTs ‘Aisyiyah Kota Binjai, yaitu: 1) menerapkan pembelajaran berbasis karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila, 2) menyusun materi esensial dalam bentuk modul ajar, 3) melaksanakan pembelajaran yang terdiferensiasi. Solusi yang akan diberikan adalah melaksanakan workshop kepada guru-guru MTs ‘Aisyiyah Kota Binjai. Luaran yang diharapkan adalah: 1) guru memahami karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu Profil Pelajar Pancasila, 2) guru mampu menyusun modul ajar, dan 3) guru menerapkan belajar berdifferensiasi berdasarkan kemapuan dan kebutuhan peserta didik. Luaran yang akan dicapai adalah Artikel Ilmiah dimuat di Jurnal di Published, Hak Kekayaan Intelatual terdaftar, Publikasi pada media cetak/online terbit dan Publikasi pada media sosial/youtube terbit.


References


Learning Loss Dan Resiko Yang Ditimbulkan”. https://alef.co.id/mengenali-apa-itu-learning-loss-dan-resiko-yang-ditimbulkan. Diakses pada tanggal 25 Februari 2023 pukul 09.15.

Kemendikbudriatek. 2023. “Latar Belakang Kurikulum Merdeka”. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka. Diakses pada tanggal 25 Februari 2023 pukul 09.25.

------------------------. 2023. “Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran Tahun. 2022 sampai dengan 2024”. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm. Diakses pada tanggal 25 Februari 2023 pukul 09.30.

Mushlihuddin R. dkk. 2021. Penerapan Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS pada Masa Pandemi COVID 19 bagi Guru-guru Muhammadiyah. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 6, No 2. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/8546.

Wuryanto H., Abduh M. 2022. “Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi”. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li. Diakses pada tanggal 25 Februari 2023 pukul 09.30

Ginting, N. (2021). Problem Based Learning Implementation In Pai Learning. Proceeding International Seminar of Islamic Studies (pp. 620-625). Medan: Fakultas Agama Islam UMSU.

Ginting, N., & Hasanuddin. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.