Pemanfaatan Tanaman Lingkungan Sekolah Dalam Upaya Mengenalkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Alfitriani Siregar, Silvia Amanda, Aulai Ramadhani Rambe, Putri Aulia, Shoumi Ramadani

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan tanaman lingkungan sekolah dalam upaya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penguatan dalam memberikan P5 ini sudah berjalan pada pembelajaran mata pelajaran disekolah, namun kurangnya dilingkungan dan tanggung jawab siswa sehari-hari.  P5 ini diharapkan dapat menjaga lingkungan alam sekitar, kerjasama, serta tanggung jawab terhadap lingkungan sosial.  Metode ini dilakukan kualitatif deskriptif dalam pengabdian masyarakat dengan melakukan observasi dan wawancara oleh mahasiswa lintas bidang keilmuan. Subjek meliputi guru serta siswa untuk menanam tanaman lingkungan sekolah. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 32 Medan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa rasa tanggung jawab siswa sangat tinggi. Siswa terlibat mulai dari penyiapan lahan, penanaman bibit tanaman,  perawatan,  penyiraman  serta bertanggungjawab menjaga tanaman. Kegiatan ini memberikan dampak positif pada karakter siswa terhadap  aspek  ke-Tuhan-an  Yang  Maha  Esa,  Berakhlak Mulia, tangggung jawab dan gotong royong terhadap lingkungan sekolah.


Full Text:

PDF

References


Fajar, W. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 468–474. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40646

Fatimah, C. (2020). Penggunaan Metode Praktik ddalam Meningkatkan Keterampilan Teknik budi daya Tanaman Obat. Al Azkiya, 5(1), 25–32.

Ilmiah, N., & Marzuki, I. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Jiwa Wirausahawan Pada Peserta Didik Fase B UPT SD Negeri 40 Gresik. Al Qodiri Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3), 1–11. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Ismiasih;, Trimerani, R., & Uktoro, A. I. (2021). Edukasi tanaman pertanian sejak usia dini dan pelatihan budidaya tanaman hortikultura secara modern pada masa new normal di tpa sokopuro. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 1–9.

Mustikawati, A. N., Novitasari, D., Cahyaningrum, F. N., Agustina, P. D., Maghfiroh, S. A., & Febryanto, I. D. (2023). Pengenalan Budidaya Tanaman Hidroponik Sederhana Sistem Sumbu ( Wick System ) Untuk Anak SD Kelas IV & V. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(5), 119–126.

Nur’aini, S. (2023). Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam Kurikulum Prototife di sekolah/ Madrasah. Jurnal Ilmiah Pedadogy, 2(1), 84–97.

Oktaviani, S., & Ramayanti, F. (2023). Analisis Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1454–1460. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5156

Qurrotaini, L., Lestari, N. G., Izzah, L., & Sumardi, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Sikap Ecoliteracy Anak Usia SD melalui Penanaman Tanaman Apotek Hidup. … Penelitian LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/10620%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.