Lokakarya Perencanaan Pembelajaran 2 Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Simalungun

Darmawati Darmawati, Muhammad Ali Hadidie, Alfitriani Alfitriani

Abstract


Lokakarya Perencanaan Pembelajaran merupakan kegiatan yang secara khusus membahas bagaimana mewujudkan pembelajaran serta ekosistem sekolah yang berpusat/berpihak pada murid. Dimana Lokakarya ini memperkenalkan pendekatan perencanaan pembelajaran yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik di era perkembangan teknologi yang pesat. Para peserta diberikan wawasan mendalam tentang bagaimana merancang rencana pembelajaran yang tidak hanya mengandalkan metode konvensional, tetapi juga memanfaatkan teknologi dan pendekatan kreatif lainnya. Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.. Lokakarya Kurikulum Pembelajaran merupakan komponen dari Program Sekolah Penggerak (PSP) yang merupakan salah satu dari 3 (tiga) program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yaitu Program Sekolah Penggerak (PSP), Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Sangat di harapkan dengan lokakarya pembelajaran ini kepala sekolah dan komite pembelajaran dapat terlibat aktif sehingga dapat mengimplementaiskan dengan baik di sekolah masing-masing. Dengan suksesnya lokakarya ini, diharapkan akan ada peningkatan kualitas pembelajaran di berbagai sekolah dan lembaga pendidikan. Para pendidik diharapkan dapat lebih berinovasi dalam merancang pembelajaran yang menginspirasi dan membekali peserta didik dengan keterampil an yang relevan dengan tuntutan zaman.


Full Text:

PDF

References


Amelia, C., & Pratiwi, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Bagi Guru TK Al-Munawwaroh Dan TK Dewantara. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 238-243.

Erfan, D. (2022). Lokakarya Kurikulum Perencanaan Pembelajaran 2 Program Sekolah Penggerak.

Ginting, N. (2021). PROBLEM BASED LEARNING IMPLEMENTATION IN PAI LEARNING. Proceeding International Seminar of Islamic Studies (pp. 620-625). Medan: Fakultas Agama Islam UMSU.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, R. d. (2021). Nomor 162/M2021 Tentang Program Sekolah Penggerak.

Keputusan Menteri Pendidikan, K. R. (2022). Buku Pegangan Lokakarya untuk Pengajar Praktik Program Pendidikan Guru Penggerak-Lokakarya Kesatu Pengembangan Komunitas Praktisi Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Nofrion. (2018). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Suryaningrum, D. A. (2022). Lokakarya Perencanaan Pembelajaran 2, Dalam Jaringan, Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.