Penerapan Program Baca Tulis Al-Qur'an Dengan Metode Tahsin Talaqqi Di Desa Tandem Hulu 1

Aisyah Rahma Fitri Tanjung, Nurman Ginting

Abstract


Program ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan program baca tulis Al-qur'an di Desa Tandem Hulu 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam program baca tulis Al-qur'an dilakukan oleh penyelenggara untuk menentukan tujuan, membuat rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang sebagai tujuan utama dari program baca tulis Al-Qur'an dipergunakan agar efektif dan efisien. Pelaksanaan program baca tulis Al-qur'an dengan metode tahsin talaqqi memperoleh banyak manfaat dan tujuan bagi peserta didik seperti agar anak dapat membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar (fasih).

Full Text:

PDF

References


Afifah, M. N., Aep Saepudin, & Huriah Rachmah. (2022). Implementasi Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 515–522. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2. 3834.

Ansori, R. A. M. (2016). Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam pada

Peserta Didik. Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Kalam, 8, 14–32. http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/84

Endah Kusumaningsih. (2016). Pengaruh Program Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Pencapaian Kompetensi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Farida Rahmi. (2018). Pengajar Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Firmansyah, N. H. (2016). Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di SD Sekota Salatiga. Tesis.

Hasdikurniati, A. I (2019). Pengaruh Penerapan Program Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah).

Hidayah, A. R. (2022). Implementasi Program BTA Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri. Pendidkan Islam, 2, 109–125.

Rasita, I., & Ginting, N. (2023). JOTE Volume 4 Nomor 3 Tahun 2023 Halaman 339-347 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Secara Tartil Sesuai Dengan Ilmu Tajwid. 4, 339–347.

Rosyidatul, I.,Suhadi, S., & Faturrohman, M. (2021). Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 83-94.

Shalihah, A. (2020). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Hulu Sungai Tengah. Skripsi.

Tumanggor, I.,Hasbi Ramadani, & Candra Gunawan. (2022). Talaqqi and Takrir Methods in Improving the Quality of Reading & Memorizing the Qur’an. Al-Arkhabiil: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 19-27.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.