Pelatihan Fardhu Kifayah dan Pelatihan Khatib Jumat Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai di Kota Medan

Selamat Pohan

Abstract


Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah untuk memberikan bekal konseptual dan praktis kepada warga persyarikatan dan simpatisan tentang fardhu kifayah dan metode khutbah Jumat. Program pelatihan ini akan menghasilkan komunitas yang paham dan dapat melaksanakan fardhu kifayah dan khutbah Jumat dalam persyarikatan yang berada di bawah naungan kerja PCM Medan Denai. Permasalahan yang dihadapi selama ini adalah ketidaktersediaan tenaga ahli yang setiap saat ketika terjadi kematian atau begitu juga shalat jumat akan berlangsung, khatib berhalangan hadir atau terlambat karena jalanan yang sering macet. Tahapan dalam pengabdian ini dimulai dari komitmen bersama untuk mengikuti acara dari awal sampai akhir. Setelah diberikan pengetahuan teoritis melalui metode ceramah dan diskusi, para peserta pelatihan akan diberikan ruang untuk praktik fardhu kifayah dan khatib di berbagai kesempatan pada lingkungan PCM Medan Denai yang terdiri dari tujuh ranting. Dengan itu, peserta pelatihan memiliki kemampuan tidak saja secara teoritis tapi juga praktis.


Keywords


Fardhu, Khatib, Kifayah

Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.