Media Flash Card Untuk Meningkatkan Pemahaman Masa Pubertas Pada Remaja Masjid Al-Ihsan

Senia Pradirga Lasambouw, Purnama Sari, Aulia Morisca, Deliati Deliati

Abstract


Masa remaja merupakan salah satu fase perkembangan yang sangat krusial dalam kehidupan manusia. Pada tahap ini, individu beralih dari masa kanak-kanak ke dewasa, yang ditandai dengan perubahan fisik, emosional, dan sosial. banyak remaja yang belum sepenuhnya memahami perubahan tersebut, terutama karena topik pubertas sering dianggap tabu di banyak kalangan masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini dengan tiga tahap diantaranya tahap awal melakukan sosialisasi dan pengenalan mengenai media flash car yang akan di gunakan dalam kegiatan. Yang ke dua tahap inti meliputi penjelasan materi pubertas dengan menggunakan media flash card yang di sampaikan oleh tim dan membuka ruang diskusi. yang ke tiga tahap penutup atau evaluasi dari serangkaian kegiatan yang dilakukan guna untuk meninjau kembali pemahaman remaja masjid al ihsan terhadap materi yang di berikan. Flash card terbukti efektif dalam menyampaikan informasi tentang perubahan fisik, emosional, dan sosial selama pubertas. Sebagai saran, program serupa sebaiknya dilanjutkan dengan penyuluhan berkelanjutan dan pengembangan materi yang lebih variatif untuk memperdalam pemahaman dan menjaga keterlibatan remaja.


Full Text:

PDF

References


Ajeng, D., Liana, N., Rahayu, T., & Wahyuni, S. (2025). Pengaruh Edukasi Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di Sma Islam Sultan Agung 3 Universitas Islam Sultan Agung Semarang , Indonesia. Obat: Jurnal Riset Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 3, 229–239.

Alamsyah, C. M., Satari, M. H., & Rahmawati, A. (2021). Penerapan Flashcard Kipas Anak Pendidikan Seks Anak Usia. Indonesian Journal Of Midwifery (Ijm), 4(2), 76–83. Http://Jurnal.Unw.Ac.Id/Index.Php/Ijm

Atiqah, N., Sulhan, A., Ardaniah, N. H., & Rahmadi, M. S. (2024). Behavior : Jurnal Pendidikan Bimbingan Konseling Dan Psikologi Volume 1 No 1 Mei 2024 Periodisasi Perkembangan Anak Pada Masa Remaja : Tinjauan Psikologi. 1(1), 9–36.

Aziza, O. M., & Yulia, C. (2022). Efektifitas Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pemahaman Kemandirian Belajar Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6003–6014. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i4.3635

Azwar, S. (2021). Validity And Reability. Pustaka Pelajar.

Daniyati Kusuma, P., & Nur Indriasari, F. (2023). Edutainment Flashcards Sebagai Media Peningkatan Keterampilan Pre Menstruasi Pada Remaja Berkebutuhan Khusus. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 231–239. Https://Doi.Org/10.51771/Jukeshum.V3i2.586

Faqih, M. U., & Safa, N. (2018). Pengaruh Metode Bermain Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Anak Dalam Pencegahan Covid-19 ( The Effect Of Flash Card Playing Methods On Children ’ S Cognitive Abilities In Covid-19 Prevention ). 3(2).

Fidora, I., Oktarini, S., & Prima, R. (2021). Siap Fisik Dan Psikologis Menghadapi Masa Pubertas. Jurnal Salingka Abdimas, 1(1), 6–10. Https://Doi.Org/10.31869/Jsam.V1i1.2817

Fransiska, K. A. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Perkembangan Kognitif Siswa Pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau Dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 466–471. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i2.839

Hake, R. R. (2002). Relationship Of Individual Student Normalized Learning Gains In Mechanics With Gender, High-School Physics, And Pretest Scores On Mathematics And Spatial Visualization. Physics Education Research Conference, 8(August 2002), 1–14.

Hamidah, S., & Rizal, M. S. (2022). Edukasi Kesehatan Reproduksi Dan Perkembangan Remaja Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik Jawa Timur. Journal Of Community Engagement In Health, 5(2), 237–248. Https://Doi.Org/10.30994/Jceh.V5i2.384

Hikmah, N. (2019). Perkembangan Peserta Didik Sekolah Menengah. 1(3), Vii+184.

Ilmiah, A. J., & Madrasah, P. (2024). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Verbal Pada Siswa Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Palupi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 8(4), 1800–1811. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V8i4.4065

Ismatuddiyanah, Meganingrum, R. J. A. A., Putri, F. A., & Mahardika, I. K. (2023). Ciri Dan Tugas Perkembangan Pada Masa Remaja Awal Dan Menengah Serta Pengaruhnya Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(3), 27236.

Kelrey, F., Kombong, R., & Hatala, T. N. (2021). Efektifitas Media Permainan Flashcard Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Anak Usia Prasekolah. Citra Delima Scientific Journal Of Citra Internasional Institute, 5(2), 56–60. Https://Doi.Org/10.33862/Citradelima.V5i2.239

Kusumasantosa, G. C., & Artanty, A. (2021). Pengaruh Latihan Ballhandling Dan Massed Practice The Effect Of Ballhandling And Massed Practice On Driving Skill Basketball Games. Citius: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 1(2), 37–43.

Memy Wardani Elthia, V. U. A. A. H. W. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Flashcard Terhadap Pengetahuan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 Sma Di Banjarmasin. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 1–4. Https://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jrpp/Article/View/27725/19348

Muttaqien, M. D., & Nurul Apriani Sa’adah. (2023). Media Pembelajaran Lapbook: Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia Dini. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 61–75. Https://Doi.Org/10.32665/Abata.V3i1.1462

Nafi’ah, I. (2024). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Penguasaan Pembelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas Ii. Jurnal Al-Fath, 01(1), 1–5. Https://Alfath.Stitnuokutimur.Ac.Id/Index.Php/Alfath/Article/View/10/6

Nasution, S. A., & Harfiani, R. (2025). Islam Dalam Mengatasi Bahaya Seks Dini Pada Siswa Sdn 05 Sisumut Labuhanbatu Selatan. 11(1), 505–518.

Nya Dhin, C. (2013). Pembinaan Anak Pada Masa Pubertas Menurut Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 102–127. Https://Doi.Org/10.22373/Jid.V14i1.492

Purbosari, P. G., & Saputra, D. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Konsep Pemahaman Keadaan Cuaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sdn Pondok Cabe Ilir 01. 2011, 428–435.

Putra, H. P., & Dewantoro, M. H. (2022). Penerapan Teori Multiple Intelligences Howard Gardner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(2), 95–113. Https://Doi.Org/10.24014/Jiik.V12i2.18709

Qaidatiningsih, S. P., & Widyasari, C. (2025). Peningkatan Penggunaan Alat Pembelajaran Flashcard Dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. 6(1), 197–207. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V6i1.1161

Ramadhan Lubis, Putri Nabila, Nurul Ilmi Nasution, Lathifah Azzahra, Hasraful, & Fadillah Andina6. (2024). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 3, 2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7899–7906.

Riadoh Riadoh, & Larasati Larasati. (2024). Penggunaan Media Flash Card Dalam Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 167–180. Https://Doi.Org/10.61132/Morfologi.V2i4.815

Saadah, B., & Yulia, C. (2022). Efektivitas Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Pada Siswa. Research And Development Journal Of Education, 8(2), 572. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V8i2.13622

Sari, N. P., & Rachman, A. (2019). Pengembangan Modul Digital Sex Education Berbasis Google Sites Sebagai Upaya Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Remaja Smp. Journal Of Education Research, 0738(2), 358–374.

Ulya, Z. (2024). Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean Piaget Dan Teori Neuroscience Dalam Pendidikan. Al-Mudarris: Journal Of Education, 7(1), 12–23. Https://Doi.Org/10.32478/Vg1nnv56

Wati, I. K., & Oka, I. . (2021). Penggunaan Flash Card Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Peserta Didik. Indonesian Gender And Society Journal, 1(2), 41–49. Https://Doi.Org/10.23887/Igsj.V1i2.39081




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.