Peran Mahasiswa KKN UMSU Dalam Upaya Pencegahan Bullying di SD Tegal Sari

Silvie Khoiriyah, Afini Zahra Siregar, Bilal Maydita Aslam, Shayla Salsabila, Olvi Salsabila Siregar, Savila Hania, M. Nur Rijali Padillah, Ali Wardhana Sulaiman Dalimunthe, Fikri Hidayat Tanjung, Sammy Rafli Siregar

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji peran mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dalam upaya pencegahan bullying di Sekolah Dasar Tegal Sari. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi, edukasi, dan pemberian materi tentang definisi bullying, jenis-jenisnya (fisik, verbal, psikis, cyber), faktor penyebab, dampak negatif, serta langkah-langkah pencegahan dan penanganan. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendeskripsikan peran mahasiswa KKN UMSU dalam upaya pencegahan bullying di SD Tegal Sari. Kegiatan sosialisasi dan edukasi dilakukan melalui metode partisipatif dan interaktif, yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman siswa dan guru mengenai bahaya bullying, membangun karakter positif, serta menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan saling menghormati. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dan kesadaran peserta terhadap pentingnya pencegahan bullying, serta terbentuknya budaya saling membantu dan menghargai di lingkungan sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model kolaborasi antara mahasiswa dan sekolah dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang bebas dari bullying.


Full Text:

PDF

References


Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/ am.v6i3.1050

Almira, N. sella, & Marheni, A. (2021). Analisis Fenomenologis Interpretatif Tentang Definisi Bullying dan Harga Diri Bagi Korban Bullying. Jurnal Psikologi Integratif, 9(2), 209. https://doi. org/10.14421/jpsi.v9i2.2211

Arsyad, A. A., Sartika, D., & Nurlina, N. (2024). Sosialisasi dan Pelayanan Bahaya Bullying di Sekolah SMP Negeri 3 Simboro. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(8), 857–862. https://doi.org/10.59837/ kdvyjn23

Bete, M. N., & Arifin, A. (2023). Peran Guru dalam Mengatasi Bullying di SMA Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 15–25. https:// doi.org/https://doi.org/10.59098/ jipend.v8i1.926

Fitroh, I., Rosidi, M. I., Tasnur, I., Hotimah, I. H., & Arrazaq, N. R. (2023). Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo. Journal of Human And Education, 3(2), 122–126.

Jumaah, S. H., Utami, V. Y., Rispawati, D., Nasruddin, N., & Mashuri, J. (2024). Sosialisasi Bullying sebagai Upaya Mencegah Aksi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar di SDN 3 Batu Putih Sekotong. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9), 1085–1091. https://doi. org/10.59837/885qd633

Lusiana, S. N. E. L., & Siful Arifin. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337–350. https://doi.org/10.52185/ kariman.v10i2.2




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.