Pelatihan Jari Matematika dan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak Sekolah Dasar di Lingkungan Warga Desa Sei Rotan, Percut Sei Tuan
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang dilaksanakan di Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan numerasi dasar anak-anak sekolah dasar melalui pelatihan Jari Matematika dan media Puzzle. Kegiatan diikuti oleh sepuluh anak usia 8–12 tahun yang tinggal di lingkungan warga sekitar posko KKN. Pelatihan dilakukan secara partisipatif dalam suasana belajar yang menyenangkan melalui dua tahap kegiatan, yaitu pelatihan Jari Matematika untuk membantu anak memahami operasi hitung dasar secara visual dan kinestetik, serta permainan Puzzle Matematika untuk melatih logika dan konsentrasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung, keaktifan, dan kepercayaan diri anak dalam menyelesaikan soal sederhana. Anak-anak juga lebih antusias dan termotivasi dalam belajar matematika. Kegiatan ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis permainan edukatif sederhana dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan literasi numerasi di masyarakat dengan fasilitas terbatas. Selain itu, kegiatan ini memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa KKN dalam menerapkan ilmu pendidikan dan memperkuat peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “What” and “Why” of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268.
Hidayat, A. (2021). Inovasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemdikbudristek. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.
Lestari, D., & Rahayu, N. (2023). “Metode Jari Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Siswa SD.” Jurnal EduMatika, 9(1), 23–30.
Nugraha, B., & Wulandari, T. (2022). “Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 10(2), 85–95.
OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Rahmawati, N., & Suryani, T. (2022). “Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 45–53.
Alamat Penerbit/Redaksi:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id
Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





