POTENSI PENGEMBANGAN PAKAN HIJAUAN TERNAK PADA LAHAN TERBIAR DESA

Bambang Surya Adji Syahputra, Dini Julia Sari Siregar, Yossie Rossanty

Abstract


Abstrak

Tujuan Pengabdian (KKN-PPM) ini adalah untuk meningkatkan pendapatan peternak kambing etawa penghasil susu melalui pemberdayaan istri-istri peternak berbasis kelompok di desa Paya Geli Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Dengan memberdayakan dan menswadayakan istri-istri peternak dalam membantu suami mengelola pakan hijauan, diharapkan para istri mampu meningkatkan produksi susu kambing etawa. Selama ini lahan terbiar yang ada di desa belum dimanfaatkan secara maksimum untuk penanaman pakan hijauan. Metode pelaksanaan berupa ceramah dan praktek langsung di lapangan berupa penanaman pakan hijauan. Setiapkelompok peternak kambing terdiri dari 3-4 orang untuk mengelola satu kapling tanah terbiar desa. Tanah tersebut ditanami dengan berbagai jenis hijauan oleh satu kelompok dan mereka bekerjasama dalam mengelola lahan terbiar tersebut sehingga tenaga dan biaya untuk produksi pakan hijauan dapat diefisensikan serta bisa menurunkan biaya produksi peternak. Hasil akhir dari KKN-PPM ini adalah meningkatkan kemampuan istri-istri peternak dalam mengelola tanah terbiar desa untuk penanaman pakan hijauan dan perbaikan dalam sistem pakan ternak.


Keywords


istri peternak, lahan terbiar, pakan hijauan, kambing etawa.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Lubis, A.R dan Syahputra, B.S.A.,. 2014. Pembuatan silage jerami padi sebagai alternatif pakan sapi di Gapoktan Buanan. Jurnal Abdi Ilmu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan, Sumatera Utara.

Sari, T.V dan Syahputra, B.S.A., 2015. Teknologi Pengolahan Rumput Alam Daratan Dan Jerami Padi Pada Lokasi KKN-PPM di Desa paya Geli Deli Serdang. Seminar Hasil Pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat Pakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, 2015. (Proseding).

Sinniah, U. R., Wahyuni, S., Syahputra, B. S. A. and Gantait, S. (2012). A potential retardant for lodging resistance in direct seeded rice (Oryza sativa L.). Canadian Journal of Plant Science, Vol.92, No. 1, pages 13-19.

Syahputra, B.S.A dan Sari, T.V., 2015. Pengolahan Kompos berbasis Feses Sapi dan Kambing pada Program KKN-PPM di Desa Paya Geli Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Seminar Hasil Pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat Pakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, 2015. (Proseding).

Syahputra, B.S.A., Sinniah, U.R., Ismail, M.R. and Malappa, K.S. (2016b). Optimization of paclobutrazol Concentration and Application Time for Increased Lodging Resistance and Yield in Field-growth Rice. The Philippine Agriculture Science(PAS), Vol. 9, No. 33.

Syahputra, B.S.A dan Sembiring, M., 2016. Efektivitas Berbagai jenis Pupuk Kandang Dengan Waktu Pemberian yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Kedele. Seminar Nasional 7 Expo 2016 Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara dengan Tema Riset Sebagai Barometer Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dalam Dunia Global. (Proseding).




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.