Pengembangan Metode Belajar Dan Melatih Skill Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Di Klinik Aisyiyah Di Kota Medan

Robitah Asfur, Yenita Yenita, Nurfadly Nurfadly

Abstract


Abstrak

Pengembangan setiap Fakultas Kedokteran memang merupakan target pasar dalam persaingan untuk merekrut minat setiap calon mahasiswa, mengingat Muhammadiyah besar dalam amal usahanya baik di bidang pendidikan dan bidang kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera utara memiliki keunggulan besar karena amal usaha dibidang kesehatan berupa rumah sakit muhammadiyah dan klinik aisyiyah di seluruh daerah dan cabang. Tujuan program kegiatan Ipteks bagi Inovasi Kreativitas Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara adalah Inovasi metode belajar dan melatih skill mahasiswa sebelum menuju praktek di rumah sakit (Koas). Beberapa program yang akan dikembangkan adalah melatih kemampuan belajar mahasiswa, mengasah skill seperti partus normal, immunisasi, edukasi dan mempelajari program BPJS. Program lain yang diberikan oleh klinik Aisyiyah adalah memberi penyuluhan kesehatan di pengajian pengajian ibu ibu Aisyiyah, edukasi sekolah untuk mengaktifkan UKS yang ada di sekolah dan belajar Home visite yang diberikan klinik Aisyiyah kepada warga yang tidak dapat datang berobat langsung ke klinik Aisyiyah sehingga mahasiswa mulai terbiasa dengan kegiatan sebagai dokter yang bekerja di faske pertama. Rencana ke depan yang ingin dicapai FK UMSU adalah menjadikan FK UMSU lebih besar lagi, dan menjadi pusat unggulan dan terpercaya dalam dunia pendidikan dan dunia kesehatan yang memiliki nilai Muhammadiyah dan Aisyiyah setiap lulusan FK.UMSU.


Keywords


Muhammadiyah;Aisyiyah;Metode; Belajar; Skill

Full Text:

PDF

References


Referensi

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Moedjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. (2003). Educational research, an introduction. Boston: Pearson Education, Inc.

Handri.2009. Uji Kompetensi Dokter Indonesia. www.drhandri.com. 23 Januari 2009.

Haryati, S. 2008. Lulusan AKPER 17. Pendidikan Surakarta : Pasca Sarjana UNS. Tesis

Mahmoud, S.H. 2006. Clinical Skills Lab Faculty of Medicine Suez Canal University

http://csl.nelc.edu.eg. 23 Januari 2009.

Nurini A. A, Suryadi E, Hadianto T, Zainuddin, M. 2001. Praktikum. Jakarta: PAU.

Taufiqurrahman, M. A. 2008. Evaluasi Pendidikan Kedokteran Dan Kesehatan. Surakarta: inpress

Uno, H. B. 2006. Perencanaan Pembelajaan, Jakarta: Bumi Aksara




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.