Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang

Willy Yusnandar, Deliati Deliati, Jufrizen Jufrizen

Abstract


Abstrak

Tujuan proram KKN-PPM ini adalah: 1). memberdayakan ibu-ibu PKK dan Remaja Karang Taruna Putra Putri dalam dalam mengolah tahu sebagai cemilan.. 2). mengelolah tahu menjadi produksi jual beli. 3). pengetahuan manajemen pemasaran dan administrasi dalam usaha keuangan dalam mengelola hasil produksi tahu lebih produktif, ekonomis dan sekaligus meningkatkan serta meningkatkan incame rumah tangga. 4). Meningkatkan kreativitas remaja putri dalam membuat kemasan yang produksi tahu yang akan dipasarkan untuk mendambah incame ekonomi didesa tersebut.5) mengolah limbah tahu dapat digunakan menjadi pupuk tamanan. Metode yang digunakan dalam kerangka pemberdayaan kelompok sasaran pada program KKN-PPM ini antara lain melalui: kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, pelatihan, pendampingan, ceramah, sosialisasi, dan praktek. Kegiatan KKN-PPM ini juga Jumlah mahasiswa yang dilibatkan adalah 30 orang dengan disiplin ilmu yang bervariasi, monitoring dan evaluasi. Adapun hasil kegiatan program KKN-PPM ini adalah: usaha untuk memajukan desanya melalaui usaha pabrik tahu tersebut, karena semua bahan tahu diolah menjadi apa saja bisa asalkan masyarakatnya kreatif serta dapat menghasilkan income usaha ibu rumah tangga masyarakat desa kotangan.


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Keterampilan Wirausaha, Olahan Tahu

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agnes Murdiati dan Amaliah, 2013, Panduan Penyiapan Pangan Sehat, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Rifqi A M, 2012. Formulasi Nugget Tahu Pury (Nugget tapury) sebagai Alternatif. Institut Pertanian Bogor.

Rohaya. S, Husna. E.N, Bariah. K, 2013.Penggunaan Bahan Pengisi Terhadap Mutu Nugget

Amelia Perdana, Holilulloh, Yunisca Nurmalisa, 2013, Jurnal Pendidikan, Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa Program Studi PPKN Universitas Lampung.

Lingga, P. 2005. Hidroponik Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Penebar Swadaya.Jakarta.

Rista, E. Desi., & Astuti, Sri Rahayu Tri. 2011. Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Aset. ISSN 1693-928X. 13 (1). 37-45. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.Semarang.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.