Pemanfaatan Lahan Sempit Dengan Budidaya Jamur Tiram Untuk Memenuhi Kebutuhan Sayuran Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Cabang Medan

Alridiwirsah Alridiwirsah, Risnawati Risnawati, Aisar Novita

Abstract


Abstrak

Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Cabang Medan adalah suatu lembaga usaha kesejahteraan sosial pada anak terlantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak terlantar.Budidaya jamur tiram dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan sempit. Lahan sempit dapat menjadi produktif jika dikelola dengan baik. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah terpenuhinya kebutuhan sayuran dan menambah pemasukan bagi pengelola panti asuhan. Tempat pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di gedung panti asuhan putera muhammadiyah cabang medan. Metode pelatihan yang akan dilaksanakan adalah metode persentase, diskusi, tanya jawab, latihan dan praktek langsung. Mengadakan /menyiapkan 500baglog (media tumbuh jamur) bulan untuk dikelola oleh anak asuh yang telah mengikuti pelatihan.

Hasil program Pembinaan Kemuhammadiyaan menunjukkan bahwa 1) PKPM adalah salah satu program kemitraan yang bertujuan mengembangkan muhammadiyah. 2) anak-anak dan remaja panti asuhan muhammadiyah mempunyai semangat yang tinggi untuk maju dan mengembangkan budidaya jamur tiram. 3.) Program PKPM memberikan ilmu pemanfaatan lahan sempit dalam budidaya jamur tiram dan peluang berwirausaha yang besar bagi peserta program. 4). 1 Kg jamur tiram segar/hari dapat menambah asupan gizi nabati terutama sayuran pada anak panti asuhan.


Keywords


Panti, Budidaya, jamur tiram, lahan, sempit.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Departemen Sosial Republik Indonesia. 2004. Acuan Pelayanan Sosial Anak di Panti Sosial Asuhan Anak. Jakarta : Departemen Sosial Republik Indonesia.

Hidayati N, Rosawanti P, Arfianto F, Hanafi N. 2018. Pemanfaatan Lahan Sempit Untuk Budidaya Sayuran Dengan Sistem Vertikultur. PengabdianMu, Volume 3, Nomor 1, Maret 2018, Hal 40 46.

Nasution, J. 2016. Kandungan Karbohidrat Dan Protein Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Pada Media Tanam Serbuk KayuKemiri (Aleurites moluccana) Dan Serbuk Kayu Campuran.Jurnal Eksakta Volume 1, 2016.

Nunung, M. D. 2001. Budidaya Jamur Tiram. Yogyakarta: Kanisi.

Sumarni. 2006. Botani dan Tinjauan Gizi Jamur Tiram Putih. Jurnal Inovasi Pertanian.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.