Efektifitas Penggunaan Mesin Pencampur Bahan Pupuk Cair Pada Limbah Ternak Koperasi Fajar Surya Mandiri

Halim Simatupang, Rudi Salman, Taufik hidayat, Irfandi Irfandi

Abstract


Abstrak.

Kegiatan ini dilaksanakan di Mitra Kelompok Kelompok peternak Surya Fajar Mandiri, Dalam aktivitas Perekonomian kelompok masyarakat peternak ayam dan petani urung mendapatkan keuntungan yang memadai untuk bertahan hidup dikarenakan banyaknya permasalahan yang terjadi pada proses Produksi Kelompok karena proses pengolahan limbah kurang tepat sehingga menimbulkan masalah pada usaha seta menggangu lingkungan sekitar. Selain itu juga mahalnya ongkos produksi pertanian dan pupuk membuat produksi pertanian juga berpengaruh turun.. Selain itu Permasalahan lain meliputi : 1). Rendahnya pendapatan Kelompok karena turunnya produksi ternak dan pertanian akibat limbah 2). Limbah kotoran ternak tidak dimanfaatakan sehingga menjadi bahan pencemar di masyarakat. 3). Kurangnya pemahaman masyarakat dan anggota kelompok tentang pemanfaatan limbah kotoran ternak dan limbah pertanian sebagai bahan baku pupuk organic cair 4). Terbatasnya pengetahuan Masyarakat tentang pengolahan pupuk organic cair.5).tidak tersedianya TTG pembuat pupuk organic cair. Urutan pelaksanaan kegiatan sebagai Solusi yaitu 1). Untuk meningkatkan pendapatan Kelompok masyarakat dilakukan melalui pembuatan pupuk organic cair dari limbah kotoran ayam dan limbah pertanian dan Teknologi Tepat Guna (TTG) 2). Memberikan pelatihan pembuatan pupuk organic cair pada Kelompok masyarakat 3). Solusi untuk memberikan pemahaman kepada Kelompok untuk pembuatan pupuk organic cair dari limbah kotoran ayam dan limbah pertanian 4). Memberikan worksop dan pendampingan manajemen usaha pembuatan Pupuk cair 5). Memberikan pendampingan tentang pembuatan pupuk organic cair dari limbah kotoran ayam dan limbah pertanian. Target Luaran dari program antara lain : 1). Panduan Metode pembuatan Pupuk Organik Cair 2). Produksi Pupuk Orgamik cair dengan kualitas dan kuantitas yang memenuhi standar 3). Pemberian alat.


Keywords


Kotoran ayam; Pupuk Organik cair; Limbah ternak; Teknologi Tepat Guna

Full Text:

PDF

References


Referensi

Chalimah, S., Anif, S., Rahayu, T., (2008), Pemanfaatan Pupuk Organik Kotoran Hewan dan Bioteknologi Cendawan Mikorrhiza Arbuskula (CMA) dalam Upaya Pelestarian Lingkungan dan Pengembangan Bibit Tanaman Pangan dan Buah, Laporan Penelitian, Jurusan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Hardjowigeno, S. 1993. Klassifikasi Tanah dan Pedogenesis. Edisi Pertama, Penerbit Akademika Presindo, Jakarta.

Irfandi, I., Hidayat, T., & Salman, R. (2018). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kuliner Roti di Kabupaten Simalungun. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 24(2), 661-670.

Irfandi, I. (2014). Peningkatan Pendapatan Anggota Kelompok UPPKS Manalagi Kecamatan Bilah Hulu Labuhan Batu Dengan Menggunakan Oven Serbaguna. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 21(80), 33-38

Kaharuddin dan Sukmawati, F.M., 2010, Petunjuk Praktis Managemen Umum Limbah Ternak Untuk Kompos dan Biogas, Kementerian Pertanian, Balai Penelitian danPengembangan Pertanian, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, NTB, Mataram.

Tim penyusun BPS Simalungun, 2016. Kecamatan Tapian Dolok dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Simalungun. Simalungun.

Tim penyusun BPS Simalungun, 2016. Statistik Daerah Kecamatan Tapian Dolok 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Simalungun. Simalungun.

Wahyuni, S., 2011, Menghasilkan Biogas dari Aneka Limbah, PT. Agro Media Pustaka, Bogor

http://harianjayapos.com/detail-1814-pengusaha-ternak-ayam-dinagori-dolok-kahean-resahkan-warga.html). di akses 20 September 2018 pukul 10.00 Wib




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.