Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Aplikasi Ujian Dalam Jaringan Berbasis Web bagi Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan

Ismail Saleh Nasution, Eko Febri Syahputra Siregar

Abstract


Abstrak

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut pesatnya perkembangan teknologi informasi digital yang mulai memasuki dunia pendidikan, salah satu bentuknya adalah kegiatan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Atas dasar itulah, maka guru juga dituntut untuk meningkatkan kemampuannya di bidang IT dalam upaya mendukung proses pembelajaran yang efektif di era digital saat ini. Mitra kegiatan PKM ini adalah dua sekolah mitra UMSU, yakni SMP Muhammadiyah 57 Medan dan SMP Muhammadiyah 4 Medan. Guru-guru pada dua sekolah tersebut akan diberikan pelatihan pembuatan aplikasi ujian online. Target khusus yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kegiatan PKM ini menghasilkan guru-guru cakap teknologi dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran berbasis daring/online. Diharapkan guru-guru yang mendapatkan manfaat dari kegiatan pelatihan ini dapat memberikan informasi dan pelatihan berikutnya kepada guru-guru bidang studi lain di sekolah mereka atau dalam kegiatan MGMP masing- masing kelompok guru bidang studi. Metode pendekatan yang ditawarkan pada kegiatan PKM ini adalah pendampingan penuh dengan tahapan: 1) Pertemuan awal kepada guru mitra dalam kegiatan persamaan persepsi tentang pentingnya IT dalam pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, 2) Pelatihan intensif mengembangkan soal ujian dan aplikasi soal ujian daring/online, 3) FGD dan simulasi produk aplikasi yang dikembangkan dalam pelaksanaan ujian siswa, dan 4) evaluasi hasil kegiatan.


Keywords


pelatihan, aplikasi ujian online, SMP Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera (SATUNUSA).

Hamid, Moh. Sholeh. 2011. Metode Edutainment: Menjadikan Siswa Kreatif dan Nyaman di Kelas. Yogyakarta: Diva Press

Lobo, Fridarlin Magda Noni Wuri. (2016). Pemanfaatan Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus: Sma Negeri 1 Tengaran). Diunduh pada 20 Juli 2018 http://repository.uksw.edu/ handle/123456789/10683

Pembelajaran Apresiasi Sastra. JURNAL Basastra Pendidikan Bahasa dan Sastra unimed V.7(1)2018.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.