Upaya Meningkatkan Produktivitas Tanaman Ubi Kayu Melalui Teknik Budidaya Dan Penerapan Model Penyuluhan Kelompok Tani Terbatas Di Desa Baru Titi Besi

Dedi Amrizal, Yusriati Yusriati

Abstract


Abstrak.

Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Baru Titi Besi ini adalah untuk merubah model penyuluhan tani tradisional menjadi penyuluhan kelompok tani terbatas guna meningkatkan produktivitas tanaman ubi kayu. Memberikan alternatif tambahan penghasilan melalui perubahan cara tanam ubi kayu di lahan yang sama. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan kepala rumah tangga dalam rangka pembinaan petani ke dalam kelompok terbatas dan pemberian teknologi baru kepada petani agar penanaman ubi kayu dapat diterapkan dengan baik. Pengabdian kepada masyarakat ini berisi beberapa tahapan kerja sebagai berikut: melaksanakan pendekatan kepada petani penanam dan pemilik lahan, penyuluhan kepada kelompok terbatas petani penanam, praktek penanaman bersama di lahan, pengevaluasian penerapan penyuluhan tani kelompok terbatas dan pola penenaman baru penanaman ubi kayu. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat di desa Baru Titi Besi mengharuskan satu persatu pemilik lahan dan petani penggarap didatangi, selain itu dikunjungi juga pengajian wirid pekanan untuk menjadi tempat efektif sosialisasi dan undangan pelatihan. Hasil yang telah diperoleh terlihat dari efektivitas penelaksanaan pola penyuluhan tani kepada kelompok tani terbatas dan hasil tanam ubi kay yang lebih besar dibandingkan dengan pola tanam lama setelah dilihat hasilnya pada saat panen.

.


Keywords


Penyuluhan Tani, Kelompok Tani Terbatas, Produktivitas

Full Text:

PDF

References


Referensi

Undang-undang No. 16 Tahun 2006 Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

Zakaria (2006). Modul Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian. Pusat Manajemen Pelatihan Sumberdaya Manusia Pertanan. Bogor: Ciawi.

Padmanagara, S. (2012). Bapak Penyuluhan Pertanian. Pengabdi Petani Sepanjang Hayat. Jakarta Selatan: PT. Duta Karya Swasta Gedung Arsip.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.