Pemanfaatan Limbah Kulit Jengkol Sebagai Pestisida Nabati pada Tanaman Padi

Khairunnisa Rangkuti, Desi Ardilla, Dafni Mawar Tarigan

Abstract


Abstrak

Pemanfaatan limbah pertanian sebagai pestisida merupakan salah satu hal yang mendukung pertanian yang berkelanjutan. Salah satu limbah yang dapat dimanfaatkan adalah limbah kulit jengkol karena mengandung senyawa yang dapat digunakan sebagai pestisida tanaman. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk memberikan penyuluhan atau sosialisasi tentang pentingnya melakukan usahatani yang berkelanjutan dengan memanfaatkan kulit jengkol sebagai pestisida nabati. Hasil akhir dari Pengabdian ini adalah mitra mampu membuat pestisida nabati dari limbah kulit jengkol serta mampu mengaplikasikan pada sawah mereka.


Keywords


Kulit Jengkol, Padi, Pestisida Nabati

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Delsi Y. 2010. Viabilitas dan Vigor Gulma yang diberi Beberapa Konsentrasi Ekstrak Kulit Jengkol dan Pengaruhnya Terhadap Tanaman Padi. [Skripsi]. Fakultas MIPA Universitas Andalas. Padang.

Pitojo S. 1995. Jengkol Budidaya dan Pemanfaatannya, Kanisius Jogyakarta.

Supriono, 2015. Profil Desa Pematang Johar Buku VI. Laporan. Pemkab Deli Serdang




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.