Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di Sekolah - Sekolah Muhammadiyah Kota Medan

Nurfadly Nurfadly, Robitah Asfur, Amelia Eka Damayanty

Abstract


Abstrak

Muhammadiyah merupakan suatu persyarikatan yang sangat memperhatikan kesejahteraan umat dan mengembangkan amal usaha di banyak bidang diantaranya bidang kesehatan dan pendidikan. Muhammadiyah memiliki amal usaha di bidang pendidikan hampir di seluruh wilayah Indonesia tersebar secara merata. Di kota Medan terdapat lebih kurang 50 sekolah dasar Muhammadiyah dan memiliki hampir 15.000 murid. Sekolah sebagai tempat belajar, harus memiliki lingkungan bersih dan sehat, yang mendukung berlangsungnya proses belajar dan mengajar yang baik, serta diharapkan mampu membentuk siswa yang memiliki derajat kesehatan yang lebih baik untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka setiap sekolah dianjurkan mempunyai Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Masalah yang dihadapi selama ini adalah sebagian besar sekolah Muhammadiyah belum mempunyai UKS, padahal UKS sangat diperlukan untuk terciptanya sekolah sehat. Sehingga dilaksanakanlah kegiatan PKPM yang bertujuan untuk membina UKS di sekolah dasar-sekolah dasar Muhammadiyah di Kota Medan. Kegiatan dilaksanakan di gedung pertemuan Madrasah Tsanawiyah Aisyiah pada pertengahan April dan dihadiri oleh 10 kepala sekolah dasar Muhammadiyah atau perwakilannya.


Keywords


Sekolah Dasar, Usaha Kesehatan Sekolah

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Kemendikbud RI (2018). Pedoman

Gerakan Sekolah Sehat, Aman, Ramah

Anak, dan Menyenangkan

Sayoga (2015). Pendidikan Kesehatan

untuk Sekolah Dasar. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Tim Esensi. (2012). Mengenal UKS.

Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.