Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli

Pirman Ginting, Yenni Hasnah, Selamat Husni Hasibuan

Abstract


Abstrak

Kegiatan PKM yang dilaksanakan berupa pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Student Centered Learning (SCL) Bagi Guru SMP di Kecamatan Medan Deli. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan konsep dan keterampilan kepada guru-guru SMP yang ada di Kecamatan Medan Deli terkait prosedur penyusunan PTK berbasis SCL, baik secara teoritis maupun praktis sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kreatifitas dan profesionalisme mereka dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan PKM ini dilaksanakan secara berkolaborasi dengan sekolah mitra melalui beberapa metode pendekatan seperti pendekatan partisipatif, pendekatan kelompok, pendekatan individual, metode ceramah, dan metode diskusi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi sekolah mitra berupa peningkatan pengetahuan/wawasan dan pengalaman para guru terkait konsep dan praktek penyusunan dan pelaksanaan PTK berbasis SCL yang selanjutnya dapat diimplementasikan di kelas pembelajaran. Pengimplementasian pembelajaran berbasis SCL yang dikemas dalam bentuk kegiatan PTK diharapkan menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalisme para guru.


Keywords


PTK; SCL; Guru SMP.

Full Text:

PDF

References


Referensi

Ananda, Rusydi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media.

Antika. 2015. Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul Izzah, Nganjuk). BioKultur, Vol.III/No.1/Januari-Juni 2014, hal. 251.

Aziz, Abdul. 2013. Proses Pembelajaran dan Student Centred Learning (SCL). Https://rzabdulaziz.wordpress.com/2013/05/17/123/ (Diakses pada 30 Juli 2018).

Harsono. 2008. Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi. Vol. 3 | No. 1 | Maret 2008 |Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia.

Mega, N.M dan Dewi, K.I. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Regina.

Permana, Johar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Disampaikan pada Seminar & Loka Karya Diklat Guru di Pontianak, Kalimantan Barat.

Rosyada, Dede. 2015. Student Centered Learning. http://dederosyada.lec.uinjkt.ac.id/reviews/studentcenteredlearning (Diakses pada 30 Juli 2018).

Sani, R.A dan Sudiran. 2012. Meningkatkan Profesionalisme Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Slameto. 2015. Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria, Vol. 5, No. 3, September 2015: 47 58.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.