Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D


Abstract



Tujuan penggunaan Software Cabri 3D adalah sebagai salah satu media pembelajaran bagi guru matematika khususnya serta membantu beberapa guru memanfaatkan Information, Communication, and Technology (ICT) dalam proses belajar mengajar. Ketidakmampuan beberapa guru matematika mengoperasikan software Cabri 3D, merupakan beberapa hal yang menjadi permasalahan khusus yang dihadapi oleh mitra. Pelaksanaan pelatihan tentang metode metode pembelajaran serta media pembelajaran berbasis ICT tentang penggunaan software Cabri 3D bagi guru matematika menjadi salah satu solusi dari beberapa masalah mitra yang telah dilaksanakan. Kegiatan Pengabdian melalui pemanfaatan software Cabri 3D ini telah meningkatkan kualitas pengajaran bagi guru matematika di SMP Muhammadiyah 04 serta beberapa sekolah lainnya. Penggunaan software Cabri 3D dalam bangun datar dan bangun ruang, serta beberapa materi matematika seperti segitiga, polygon, kubus, dan balok dan lain sebagainya sukses dipahami dan dioperasikan oleh guru matematika mitra.


Keywords


Kualitas Pengajaran Cabri 3D

Full Text:

PDF

References


Batubara, IH. 2017. Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. University of Muhammadiyah Sumatera Utara. V(6). 97-104. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/1368 Online Journal

_________. 2017. Improving Concept Understanding Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. Journal of Mathematics Education and Science. Vol (3) 47-54.,Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/219 ? Online Journal

Sartono Wirodikromo. 2006. Matematika Untuk SMA Kelas X, Jakarta : Penerbit Erlangga. 104.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suyanto & Jiad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional. Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group

Suyanto & Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru

Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suyanto & Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional. Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.