Penerapan Dakwah Milenial Berbasis Pemuda Di Ranting Gedung Johor Medan (Aktualisasi Konsep Dakwah Milenial Masjid Jogokarian Jogya)

Dedi Amrizal, Mohammad Yusri

Abstract


Abstrak

Tujuan Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah ini adalah untuk menggerakkan dakwah millennial berbasis kegiatan yang dikelola oleh Pemuda Muhammadiyah di Ranting Muhammadiyah Gedung Johor Medan. Dakwah milenial ini merupakan dasar pengkaderah yang paling menjanjikan di masa yang akan datang untuk kelangsungan organisasi. Metode pelaksanaan program ini adalah pelatihan agar penerapan dakwah milenial dipahami dengan baik. Program ini melaksanakan tahapan penyatuan persepsi tentang dakwah milenial dan pelatihan pembuatan standar operasional prosedur terkait dakwah milenial ini kepada para Pimpinan Ranting Muhammadiyahdan Anggota serta Pimpinan Pemuda. Hasil yang telah diperoleh terlihat dari kesepakatan yang telah diperoleh terkait dakwah dan tahapan dakwah milenia serta panduan garak dalam penerapannya di masjid Taqwa dalam kehidupan sehari hari. Pemanfaatan internet dalam program kerja yang mengarah pada penciptaan lapangan kerja serta penambahan keterampilan anggota dan pemuda merupakan prioritas utama setelah kegiatan ini. Namun target penerapan program ini adalah pendekatan kepada kaum milenial diluar organisasi untuk dijadikan kader pemuda dan muhammadiyah dimasa yang akan datang.


Keywords


Dakwah, Milenial, Dakwah Milenial

Full Text:

PDF

References


Muhyiddin, Asep dan Agus Ahmad Safei. (2002). Metode Pengembangan Dakwah. Bandung: Pustaka Setia.

Habibi, Muhammad. (2018). Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial. Al Hikmah: Jurnal Dakwah, Volume 12, No.1. Halaman 115.

Said, Nurhidayat Muh. (2016). Manajemen Masjid (Studi Pengelolaan Masjid Agung Al Azhar Jakarta). Jurnal Tabligh Edisi Juni. Halaman: 94.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.