Pkpm Pendampingan Pembuatan Gantungan Kunci Dari Bahan Resin Di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Medan Kota

Noorly Evalina, Citra Utami, M Yani M Yani

Abstract


Abstrak.

Panti asuhan merupakan lembaga usaha kesejahteraan sosial yang bertanggung jawab memberikan perlindungan bagi anak-anak terlantar, memberikan santunan, memberikan pendidikan, memberikan pelayanan sebagai pengganti orang tua atau wali bagi anak-anak kurang mampu dan terlantar, Pendampingan pembuatan gantungan kunci dari bahan resin dinilai memiliki nilai ekonomis, karena gantungan kunci yang dibuat selain dijual bebas, dapat dijadikan souvenir pesta pernikahan bagi yang membutuhkan dan jumlahnya cukup besar. Keahlian dalam memanfaatkan resin sebagi bahan pembuat gantungan kunci dapat dilakukan oleh anak-anak panti asuhan. Resin adalah getah yang berasal dari tumbuhan, karakternya cepat membeku, membentuk massa yang padat, kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan pendekatan sosialisasi, pengenalan terhadap bahan resin, pelatihan pembuatan gantungan kunci, penggunaan bahan dan alat, dengan kegiatan pendampingan yang dilakukan diharapkan, Anak Panti Asuhan Putri dapat memahami tentang bahan resin dan katalis dengan baik mengetahui bahan dan peralatan yang digunakan dalam pembuatan gantungan kunci dengan bahan resin, memahami cara mengolah bahan resin dan katalis dengan aman dalam pembuatan gantungan kunci. Produk gantungan kunci yang dihasilkan bagus.


Keywords


Panti Asuhan, Resin, Gantungan Kunci.

Full Text:

PDF

References


Anang Subardi, Nanik Astuti Rahman, Masrurotul Ajiza, A. E. P. (2020). Peningkatan Ketrampilan di Panti Akhlaqul Karimah Kota Malang Dengan Proses Pembuatan Produk Natural Viber Komposit Serat Batang Pisang Kepok (Musa Paradisiaca). Jurnal Peduli, 4(1), 2533.

Dwi Asmi, Agung Abdi Kiswandono, Y. Y. (2016). Pelatihan Pembuatan Cinderamata Gantungan Kunci Menggunakan Material Resin Bagi Para Ibu Rumah Tangga Di Desa Braja HarjoSari Lampung Timur. Jurnal Sakai Sambayan, 3(1), 4346.

Evalina, N., Abduh, R., & Arfis, A. (2019). Pembuatan Gantungan Kunci Dari Bahan Resin Di Desa Jaharun A. 1(1), 251256.

M yani, Bekti Suroso, M. (2019). Pendampingan Pembuatan Papan Skateboard Dari Komposit Pada Panti Asuhan Muhammmadiyah Cabang Medan Kota. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 108116.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.