Pembuatan Aplikasi Berbasis Online Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan Pada Masa Pandemic Covid 19

Purnama Rika Perdana, Ismail Hanif Batumbara, Rakhmat Wahyudin Sagala

Abstract


Tujuan PKM ini adalah membantu guru membuat aplikasi berbasis online sebagai salah satu media pembelajaran bagi guru serta membantu beberapa guru memanfaatkan ICT dalam proses belajar mengajar. Tujuan tersebut diwujudkan dengan melaksanakan kegiatan pelatihan metode metode pembelajaran serta media pembelajaran, melaksanakan pembinaan kepada guru-guru yang kurang mampu mengoperasikan, melaksanakan workshop tentang pembuatan aplikasi online bagi guru-guru dan melaksanakan program berkelanjutan terhadap pengoperasian computer serta pembuatan aplikasi online pada masa pandemic covid 19 khususnya google classroom. Target khusus yang dicapai pada PKM ini adalah guru SMP mampu membuat akun berbasis online seperti google classroom dan sebagainya sebagai media pembelajaran. Target lainnya adalah Semua guru mitra PKM mampu mengoperasikan computer sebagai media pembelajaran sehingga keberadaan sarana seperti lab computer dan yang lainnya dapat digunakan oleh semua guru mitra PKM.


Keywords


Aplikasi Berbasis Online Pandemi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Batubara, IH. 2017. Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. University of Muhammadiyah Sumatera Utara. V(6). 97-104. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/1368 Online Journal

_________. 2017. Improving Concept Understanding Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. Journal of Mathematics Education and Science. Vol (3) 47-54.,Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/219

_________. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di FKIP UMSU. Journal of Mathematics Education and Science. Vol 4 (1) 51-58.,Retrieved https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/869

_________. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di FKIP UMSU. Journal of Mathematics Education and Science. Vol 4 (2) 152-159.,Retrieved https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/1291

_________. 2019. Improving Students Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies. Vol 1 (2) 116-119.,Retrieved from https://ojs.unimal.ac.id/index.php/ijevs/article/view/1371

_________. 2019. Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Geogebra. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer. Vol 1 (3) 1-6.,Retrieved from http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/95

Sartono Wirodikromo. 2006. Matematika Untuk SMA Kelas X, Jakarta : Penerbit Erlangga. 104

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suyanto & Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional. Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.