Peningkatan Keterampilan Masyarakat Rumah Warna-warni Balikpapan melalui Pelatihan Pembuatan Gantungan Kunci

Yuyun Tri Wiranti, Umi Sholikah, Soleh Ardiansyah

Abstract


Rumah warna-warni Teluk Seribu Balikpapan diresmikan Pemerintah pada tanggal 28 Februari 2017. Geliat ekonomi warga mulai hidup karena makin ramai wisatawan sejak diresmikan. Akan tetapi, ramainya wisatawan rumah warna-warni hanya terjadi kurang dari enam bulan. Sepinya wisatawan berdampak kepada menurunnya pendapatan warga yang dihasilkan dari keberadaan rumah warna-warni. Hal tersebut berkebalikan dengan tujuan obyek wisata rumah warna-warni yang diharapkan mampu menjadi obyek wisata alam di Balikpapan yang tidak berumur pendek dan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Balikpapan yang akan berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, maka solusi yang ditawarkan adalah pelatihan keterampilan untuk mendukung kawasan wisata. Keberadaan wisata alam di Balikpapan merupakan sebuah potensi yang penting untuk dikelola dengan baik agar potensi tersebut dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan negara, baik dari segi ekonomi, sosial masyarakat, dan pelestarian lingkungan hidup. Kegiatan pelatihan terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan kegiatan dilakukan untuk mengumpulkan kebutuhan dan ide kreatif dari masyarakat, koordinasi waktu pelaksanaan dan tempat untuk melaksanakan kegiatan pelatihan, serta penyediaan sarana dan prasarana. Tahap pelaksanaan merupakan inti dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, dan pendampingan peserta kegiatan saat membuat gantungan kunci. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah evaluasi yang berguna untuk mengukur/ menilai tingkat pencapaian tujuan kegiatan yang dilaksanakan dengan perencanaannya. Hasil dari kegiatan ini adalah antusiasme masyarakatketerampilan pembuatan gantungan kunci dari kain flanel sebesar 75%.

Keywords


rumah warna-warni, Balikpapan, wisata, potensi, keterampilan

Full Text:

PDF

References


Febriyanti, Syafrida Nurrachmi. 2017. Instagrammable: Antara Ekspektasi dan Realita (Penerimaan Netizen terhadap Foto Objek Wisata di Instagram). Dalam Kumpulan Makalah Seminar Nasional dan Call for Paper 2017: Seminar City Branding & Tourism Policy Based on Cultural Wisdom in Indonesia. Banyuwangi, 20-21 Oktober 2017. Universitas Muhammadiyah, Sidoarjo.

Hendra. 2018. Memudarnya Pesona Rumah Warna-warni Teluk Seribu Balikpapan. (Online). Available at https://korankaltim.com. (verified 8 Agustus 2018).

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. 2016. Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan. Republik Indonesia, Jakarta.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.