Pembuatan Media Pembelajaran Grafik Pertidaksamaan Linear Berbantuan Geogebra Bagi Guru Matematika SMK Se-Kota Lngsa

Fairus Fairus, Riezky Purnama Sari, Hanafiah Hanafiah

Abstract


Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kompetensi siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran Information and Communication Technology (ICT) dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan informasi atau bahan ajar. Salah satu penggunaan ICT yang cocok pada pembelajaran matematika untuk sekolah menengah adalah dengan menggunakan softwareGeogebra. Penggunaan softwareGeoGebra menjadikan proses pembelajaran semakin variatif dan menarik. GeoGebra merupakan softwareyang dapat digunakan pada materi geometri dan aljabar. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan pembuatan media belajar grafik pertidaksamaan linier kepda guru SMK Se- Langsa. Sasaran dalam kegiatan ini adalah guru matematika tingkat SMK se-Langsa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode pendekatan secara langsung, ceramah dan praktik. Metode pendekatan dilakukan dengan observasi permasalahan yang dihadapi oleh guru terkait tentang pembelajaran matematika. Metode ceramah dilakukan dengan memberikan informasi kepada guru tentang keunggulan dan manfaat GeoGebra sebagai salah satu software matematika yang powerfull dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pertidak samaan linier. Sedangkan metode praktik dilakukan dengan memberikan pelatihan software GeoGebra. Hasil dari kegiatan ini adalah Guru mampu menggunaan GeoGebra untuk memecahkan permasalahan pertidaksamaan linier.


Keywords


Geogebra Pertidaksamaan Linear

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Batubara, IH. 2017. Improving Concept Understanding Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. Journal of Mathematics Education and Science. Vol (3) 47-54.,Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/219

_________. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di FKIP UMSU. Journal of Mathematics Education and Science. Vol 4 (1) 51-58.,Retrieved https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/869

_________. 2019. Improving Students Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies. Vol 1 (2) 116-119.,Retrieved from https://ojs.unimal.ac.id/index.php/ijevs/article/view/1371

_________. 2019. Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Geogebra. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer. Vol 1 (3) 1-6.,Retrieved from http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/95

Heal, K.M., M.L.Hansen dan K.M.Rickard. 1998. GeoGebra 6.0.462.0 V: Learning Guide.

Mulyasa, E. 007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suyanto. 2013. Menjadi guru Profesional. Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.