Penggunaan Bahan Alami Dalam Pembuatan Hand Sanitizer Untuk Mengatasi Pencegahan Covid 19 Pada Masyarakat Kisaran

Hafsah Hafsah, Zulia Hanum, Seprida Hanum, Tiansih Sasqia Zaidani

Abstract


Abstrak

Adanya wabah virus covid-19 yang melanda Indonesia membuat masyarakat resah dengan penularan virus tersebut dan membuat pertumbuhan ekonomi juga mengalami penurunan yang sangat signifikan, sehingga menyebabkan banyak masyarakat yang lebih berhati-hati agar tidak terkena virus dan harus dirawat di rumah sakit sehingga penjagaan kebersihan dan patuh melaksanakan protokol kesehatan agar terhindar dari covid-19 ini. Menjaga kebersihan tertutama tangan yang selalu kita gunakan untuk berbagai kegiatan harus senantiasa diperhatikan kebersihannya, jika tidak terdapat air disaat kita sedang berada di luar hendaknya selalu menyediakan atau membawa pembersih tangan untuk mencegah penularan virus tersebut agar tangan selalu terjaga kebersihannya.

Adapun kelurahan yang menjadi tempat pelatihan ini yaitu kelurahan Tebing kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan. Bentuk kagiatan yang dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan bagi ibu-ibu PKK setempat, untuk mempermudah proses pembuatan hand sanitizer dari bahan-bahan alami yang mudah didapat dan hasilnya dapat dijual guna meningkatkan pendapatan.

Pada akhir pelatihan kami berikan hasil dari pembuatan hand sanitizerkepada peserta untuk dibawa pulang dan digunakan oleh keluarga.


Keywords


Handsanitizer, Enterpreneurship dan Pendapatan

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Dewita Nungki Hapsari, (2015) Manfaat ekstrak daun sirih (piper betle linn) sebagai hand sanitizer terhadap angka kuman tangan. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Fajar Ardi Desiyanto, Sitti Nur Djannah (2013) Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (hand sanitizer) terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Vol 7, No. 2

Handayani, S., Bismala L., & Arda, M (2019). Program Kemitraan Masyarakat Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga ( UP2K ) Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli.

Noriko Manus, Paulina V. Y. YamLean, Novel S. Kojong (2016) Formulasi Sediaan Gel Minyak Atsiri Daun Sereh (cymbopogon citratus) sebagai Antiseptik Tangan. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/pharmacon/article/view/129




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.