DAMPAK PEMAKAIAN BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA TERHADAP KESEHATAN KELUARGA DI KELURAHAN TEGAL SARI MANDALA MEDAN

Isra Thristy, Nanda Sari Nuralita

Abstract


Abstrak

Bahan kimia beracun didalam rumah setiap saat dapat mengancam keselamatan keluarga kita terutama anak-anak. Bahan kimia yang sering digunakan dalam lingkungan keluarga dapat berupa oli, bensin, air aki di garasi, cuka dan minyak tanah di dapur, racun serangga, pewangi, pemutih, deterjen, sabun, obat-obatan dan hand sanitizer. Penting untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat terutama keluarga mengenai bahaya pemakaian bahan kimia rumah tangga yang tidak benar. Hal ini bertujuan agar anggota keluarga terhindar dari gangguan kesehatan akibat pemakaian bahan kimia rumah tangga yang tidak benar. Metode pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan partisipatif (partisipatory approach). Kegiatan dilakukan dalam bentuk seminar kesehatan berupa ceramah dan diskusi untuk masyarakat Kelurahan Tegal Sari Mandala II dan Kelurahan Tegal Sari Mandala III Medan, Sumatera Utara. Kegiatan tersebut diharapakan dapat meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat tentang penggunaan bahan kimia berbahaya di lingkungan keluarga.


Keywords


Bahan Kimia, Rumah Tangga, Kesehatan Keluarga

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badan POM RI. (2021). Brosur: Produk Kimia Rumah Tangga. Jakarta: Sentra Informasi Keracunan Nasional

Fitriana, N. F. (2019). Optimalisasi Kemampuan Penanganan Kegawatdaruratan Keracunan Bahan Kimia Rumah Tangga Menggunakan Sarana Telenursing Di Desa Karang Rau Sokaraja. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP (pp. 126-131).

Harjanto, Nur T, Suliyanto, Ismojowati, Endang S. 2013. Manajemen bahan kimia berbahaya dan beracun sebagai upaya keselamatan dan kesehatan kerja serta perlindungan lingkungan. PIN Pengelolaan Instalasi Nuklir, 8.

Ilmiawati, Cimi, Reza, Mohamad. 2019. Survei dan Edukasi Penggunaan Pestisida Di Rumah Tangga dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Pada Masyarakat Di Nagari Panasahan Kota Painan. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 2.3: 145-156.

Simanjuntak, Familia N, et al. 2019. Peningkatan Pengetahuan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari pada Ibu Rumah Tangga Perkotaan Kelas Ekonomi Menengah. Jurnal Comunita Servizio, 1.2: 98-108.

Setiawan, A., Disrinama, A., Priastuti, U., & Novitrie, N. A. (2018). Sosialisasi Dampak Pemakaian Bahan Kimia Rumah Tangga Dan Bahan Aditif Makanan Terhadap Kesehatan Keluarga. Jurnal Cakrawala Maritim, 1(1), 15-20




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.