Peran Dai Dalam Penguatan Ideologi Dan Kemajuan Muhammadiyah di Kota Medan

Mario Kasduri, Mahmud Yunus Daulay, Dianto Dianto

Abstract


Muhammadiyah adalah Gerakan Islam dengan melaksanakan amar maruf nahi munkar. Setiap kader Muhammadiyah mempunyai tanggung jawab dalam bidang dakwah, agar visi dan misi Muhammadiyah terwujudkan dengan maksimal. Muhammadiyah merupakan pintu gerbang organisasi yang memberikan nilai moral dan sosial untuk kemaslahatan umat di Indonesia. Dengan salahsatu fungis organisasi ini bisa menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara yang maju, adil dan sejahtera. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pengauatan ideologi Muhammadiyah bagi para kader Muhammadiyah dan simpatisan serta mempunyai dai yang tangguh dalam memajukan Muhammadiyah. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil dalam dicapai dalam pengabdian ini ialah; 1) Meningkatkanya jumlah kader, 2) Meningkatnya pemahaman kader persyarikatan terhadap ideologi persyariakatan Muhammadiyah, 3) Dai Muhammadiyah semakin aktif dalam berdakwah untuk kemajuan persyarikatan dan umat


Keywords



Full Text:

PDF

References


Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Khozin. (2015). Muhammadiyah dan Spiritualitas Islam Tradisi, Apresiasi, dan Perubahan. SALAM, 18, 184-200.

Kasduri, M., Daulay, M.Y. (2019). PKPM Pembinaan Sikap Religiusitas Dalam Penanggulangan Bahaya Narkoba di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Percut Sei Tuan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Nashir, H. (2006). Meneguhkan ideologi gerakan Muhammadiyah. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah.

Nasir, H. (2009). Manhaj Gerakan Muhammadiyah Ideologi, Khittah, dan Langkah. In Suara Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Qorib, M. (2018). Dakwah Di Tengah Pluralitas Masyarakat. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 315-333.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.