Ecoenzym Cairan Serbaguna Sebagai Alternatif Pengolahan Sampah Organik Berbasis Masyarakat di Desa Padang Cermin Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat

Suryani Sajar

Abstract


Sampah dapat menjadikan masalah dan juga dapat bermanfaat dalam menguatkan ekonomi masyarakat.Sampai saat ini peran serta masyarakat secara umum hanya sebatas pembuangan sampah saja belum sampai pada tahapan pengelolaan sampah yang dapat bermanfaat kembali bagi masyarakat.Jumlah sampah yang terus meningkat akan menimbulkan berbagai permasalahan dan membawa dampak terhadap menurunnya kualitas lingkungan.Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan pencemaran dan dapat mempengaruhi kualitas tanah dan air di sekitarnya.Selain digunakan untuk keperluan sendiri,ecoenzym juga bernilai ekonomi sehingga bisa dikemas dan dijual untuk menambah pendapatan keluarga.


Keywords


Sampah, Organik, Ecoenzym, Ramah Lingkungan

Full Text:

PDF

References


BPS. (2018). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia. 04320.1802.

BPS. (2019). Kecamatan Selesai dalam Angka. Langkat: BPS Kabupaten Langkat.

Hanum, Z., Saripuddin, J., Hafsah, & Akmal, O. (2021). Pemanfaatan Limbah Kantong Infus Menjadi Kreasi Dompet untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Swadaya di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 22-27.

Nusantara, E. (2020). Modul Belajar Pembuatan Ecoenzym. Nusantara Bersama Kita.

Puspitawati, Y., & Rahdriawan, M. (2012). Kajian Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dengan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Kelurahan Larangan Kota Cirebon. Planologi Undip, 349-359.

Sajar, S. (2021). Penguatan Kapasitas Para Pihak Tentang Konservasi Sumber Daya Air Melalui Pembuatan Sumur Resapan di Nagori Rukun Mulyo Kecamatan Panombean Pane Kabupaten Simalungun. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 133-143.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.