Penguatan Manajemen Kelembagaan Berbasis Iptek Pada Badan Kemakmuran Masjid Taqwa Kecamatan Langsa Kota

Zulkarnen Mora, Bustami Bustami, Riny Chandra

Abstract


Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat melalui penguatan kelembagaan keagamaan berbasis IPTEK ini adalah untuk memberikan perubahaan dalam pengelolaan manajemen dan keuangan pada Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Taqwa di desa/Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota. Permasalahan yang dialami BKM Taqwa saat ini yaitu belum memiliki perencanaan manajerial yang teratur, sumber pendaanan yang masih berasal dari satu pos penerimaan dan belum menerapkan sistem informasi keuangan berbasis digital secara akuntabel dan transparan. Pelaksanaan program ini dilaksanakan dengan metode Participatory Action Research (PAR) sebagai bentuk keikutsertaan peserta dalam seluruh rangkaian kegiatan yang dirancang. Peserta yang ambil bagian dalam PKM in berjumlah 8 orang yang sekaligus sebagai pengurus BKM Taqwa. Mitra dipilih berdasarkan kesepakatan dan keinginan pengurus yang kuat untuk penerapan keuangan digital pada BKM Taqwa serta pertimbangan lain yaitu jarak tempuh lebih kurang 1,5 KM dari Universitas Samudra. Hasil pelaksanaan program penguatan kelembagaan keagamaan berbasis IPTEK di mana diperoleh pemahaman dan keterampilan dalam mengelola keuangan berbasis iptek secara lancar dalam mendukung pelaporan secara akuntabel dan transparan. Selain itu Tim Pengabdian juga terus memberikan dampingan kepada pengelola keuangan BKM Taqwa dalam merealisasikan aplikasi keuangan digital khususnya dalam menyusun laporan keuangan badan kemakmuran masjid (BKM) Taqwa di Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa secara user friendly.

Keywords


Penguatan Kelembagaan; Keuangan digital; IPTEK; BKM Taqwa

Full Text:

PDF

References


Al Bara, Pradesyah, R., & Ginting, N. (2019). Pengembangan Ekonomi Keluarga Berbasis Mompreneur Bagi Ibu-Ibu Di Pimpinan Cabang Aisyiyah Duriankota Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 126-135.

Albara, & Pradesyah, R. (2021). Pengelolaan Keuangan Masjid Berbasis Manajemen Keuangan Syariah Pada Pimpinan Cabang Muhammadiyah Batang Kuis. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43-53.

Efriyenti, D., & Tukino. (2020). Pembinaan Pengelolaan Keuangan Dengan Aplikasi ABSS Accounting Pada UKM Snack dan Cookies di Kota Batam. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 152-169.

Al Muddatstsir, Farisa, Dessy Noor & Kismawadi, E.R, (2019), Praktik Akuntabilitas Masjid: Studi Kasus Pada Masjid Al -Akbar Surabaya. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2).

Rianto, H., Putri, A & Hasibuan, R.P.S, (2021). Pelatihan Manajemen Masjid Pada Era Industri 4.0. Jurnal Masyarakat Mandiri. 5(4).

Ismatullah, Ismet & Kartini, Tina, (2018), Transparansi Dan Akuntabilitas Dana Masjid Dalam Pemberdayaan Ekonomi Ummat. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi. 6(12).

Mora, Zulkarnen., D. Setianingsi. & Bustami, (2020), The effectivness of entrepreneurship Management on Prosperity Mosque Agency in Langsa in Terms of Syaria. BIRCU Journal. 3(4).

Muthohar, Ahmad. M, (2019). Islamic Moderation Model In Managing Mosque To Increase Philantropy Fund At Jogokariyan Mosque Yogyakarta. Riayah. 4(2).

Nawangsari, E.R, (2016), Analisis Program Pemberdayaan Masyarakat Pada Usaha Menengah Kecil Dan Mikro (UMKM) (Studi di UMKM Pengrajin Batik Kempong Jetis Dan Pengrajin Koperasi Intako Tanggulangin Sidoarjo). Journal of Public Sector Innovation. 1(1).

Rini, R, (2019). Pengelolaan Keuangan Masjid Di Jabodetabek, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 6(2).

Siskawati, Eka,. Ferdawai, & Surya, Firman, (2016). Bagaimana Masjid Dan Masyarakat Saling Memakmurkan? Pemaknaan Akuntabilitas Masjid. Jurnal Akuntansi Mulitparadima (JAMAL). 7(1).

Wahid, Nazaruddin. A, (2013). Paradigma Ekonomi Islam (konsep Dasar, Pelaksanaan dan Kebijakan). Banda Aceh: SEARFIQH.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.