Meningkatkan Pengetahuan dan Perekonomian dengan Pelatihan Pembuatan Serta Penjualan Handsanitizer di Masa Pandemi (Studi Desa Sokaraja Lor, Sokaraja, Banyumas)

Tri Wahyu Rizqika Pangesti

Abstract


Artikel ini merupakan hasil dari pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bagi masyarakat yang berorientasi pada kemamapuan masyarakat secara ekonomis dalam mengoptimalkan perannya di masa-masa pandemic saat ini. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ialah dengan membekali masyarakat untuk dapat membuat handsanitaizer yang dapat diperjualkan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan memberikan pelatihan pembuatan handsanitaizer dan cara memproduksinya sehingga menjadi produk yang dapat dipasarkan sebagai home industry. Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan bagian dari Program KKN-MB Angkatan 48 tahun 2021 yang berlokasi di Desa Sukoraja Lor. Adapun capaian dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan adalah, menambahnya pengetahuan masyarakat serta keterampilannya dalam pembuatan handsanitaizer, dan masyarakat juga dapat produktif dari pengetahuan dan keterampilan yang sudah dibekali dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.

Keywords


Pengetahuan, Hand Sanitizer, Pelatihan, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Catur N, Astri R, Santika Indah P, Nurul Izzah M. (2020). Edukasi Pembuatan Hand Sanitizer di Rumah yang Praktis dan Ekonomis oleh Mahasiswa KKN BMC UNNES.

N A Handayania, A Purbasaria, H Kusumayantib, D Ariyantia Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Hand sanitizer kepada Dawis Cendrawasih Manyaran Semarang. Jurnal Pengabdian Vokasi UNDIP. No. 1. Vol. 2.

Yani A, Juvita A, Hamidah H, Sela M, Rahmad N H. (2020). Pembuatan dan Pembagian Handsanitizer Spray sebagai Upaya Pencegahan Covid 19 di Desa Manting Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Jurnal Seminar Nasional Abdimas Ma Chung. 296-304.

Haryantini. (2020). Analisis SWOT pada Strategi Bisnis Kompetensi Kepuasan Pelanggan (Study Kasus pada Customer dari PT. Protekindo Sanita, Kab.Tangerang). Jurnal Pemasaran Kompetitif UNPAM. No.1. Vol.4.

https://cpssoft.com/blog/bisnsis/pengertian-analisis-swot/

Hafsah, Hanum, Z., Hanum, S., & Zaidan, T. S. (2021). Penggunaan Bahan Alami dalam Pembuatan Hand Sanitizer untuk Mengatasi Pencegahan Covid 19 pada Masyarakat Kisaran. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 59-64.

Nurhajijah, Fitria, & Harahap, W. U. (2020). Pembuatan Hand Sanitizer dan Alat Cuci Tangan dengan Injak di Desa Pematang Ganjang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 11-14.

Pasaribu, S., Pohan, I. S., & Hsb, R. H. (2020). Strategi Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dalam Pemanfaatan Handsanittizer dan Masker pad Warga di Desa Ujung Teran Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 248-261.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.