Pelatihan Membuat Bunga Monstera Bagi Kelompok Aisyiyah Kampung Dadap dan Kampung Durian Medan

Winarti Winarti, Muhammad Shareza Hafiz, Mhd Isman

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan berupa keterampilan dalam membuat bunga monstera imitasi yang bermanfaat dalam mengindahkan teras rumah atau ruang tamu, menghilangkan kebosanan hanya di rumah saja karena pandemi, memiliki nilai ekonomis, dan yang terpenting adalah memberikan keterampilan yang baik bagi kelompok Aisyiyah. Bunga monstera yang mahal dapat dimiliki setelah mengetahui cara membuatnya. Meskipun imitasi namun dapat menuntaskan kerinduan akan memiliki bunga di rumah dan melepas kebosanan di rumah saja karena pandemi yang masih berlangsung. Kegiatan ini dilakukan pada dua mitra yaitu PCA Kampung Dadap dan PCA Kampung Durian. Ditujukan kepada kelompok Ibu Aisyiyah karena mereka adalah kelompok masyarakat yang selalu menginginkan kehidupan yang tidak pasif tapi ingin selalu bergerak memberikan inspirasi kebermanfaatan dan berkemajuan hidup melalui ilmu pengetahuan berupa keterampilan. Apalagi jika hasil keterampilan itu berdaya jual beli. Dilaksanakan pada Juli 2021 di Aula TK Aisyiyah Kampung Dadap Medan.


Keywords


Pelatihan, Bunga Monstera, Kelompok Aisyiyah Medan

Full Text:

PDF

References


Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Al Bara, Pradesyah, R., & Ginting, N. (2019). Pengembangan Ekonomi Keluarga Berbasis Mompreneur Bagi Ibu-Ibu Di Pimpinan Cabang Aisyiyah Duriankota Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 126-135.

Aryani, B. (2017). Peran Perempuan dalam Membantu Ekonomi Keluarga di Desa Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Lampung: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung.

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Yusnandar, W., Deliati, & Jufrizen. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.