Optimalisasi Pengembangan Diri Melalui Peningkatan Kreatifitas Siswa Dengan Pelatihan Penggunaan Pena Grinder

Sri Nagyomi Yudha Wastuti, Gusman Lesmana

Abstract


Program Penelitian ini dibuat dan dikembangkan bertujuan untuk mencapai kualitas pembelajaran siswa di masa pandemi Covid 19 melalui maksimalisasi kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran dengan pelatihan penggunaan pen grinder untuk menghasilkan prakarya. Proses penelitian pengabdian dilakukan secara langsung dengan protocol kesehatan untuk memperoleh data kualitas kreatifitas siswa di masa pandemi di saat pembelajaran tatap uka ditiadakan. Aspek yang dikembangkan 1) Memiliki rasa ingin tahu yang besar; 2) Tekun dan tidak mudah bosan; 3) Percaya diri dan mandiri; 4) Merasa tertantang oleh kemajemukan atau kompleksitas; 5) Berani mengambil resiko; 6) Berfikir divergen. Sasaran penelitian adalah sebagian siswa yang ditunjuk sebagai perwakilan kelas VIII SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan pada semester ini sebanyak 15 siswa. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah secara keseluruhan metode game online dan psikotest online ini memberikan kontribusi peningkatan kualitas tingkat kreatifitas siswa sebesar Rxy = 0,361 dengan p < 0,05 sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa metode pelatihan penggunaan grinder secara signifikan memberikan kontribusi peningkatan kualitas tingkat kreatifitas siswa

Keywords


Kreatifitas Siswa, Pena Grinder

Full Text:

PDF

References


Ginting, N. (2021). PROBLEM BASED LEARNING IMPLEMENTATION IN PAI LEARNING. Proceeding International Seminar of Islamic Studies (pp. 620-625). Medan: Fakultas Agama Islam UMSU.

Ginting, N., & Hasanuddin. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Nasution, I. S., & Siregar, E. S. (2021). Implementasi Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Bagi Guru SD Muhammadiyah 12 Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 206-212.

Sari, I. P., Al-Khowarizmi, & Batubara, I. H. (2021). Implementasi Aplikasi Mobile Learning Sistem Manajemen Soal dan Ujian Berbasis Web Pada Platform Android. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 178-183.

Supriadi, D. (2010). Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek. Alfabeta. Bandung.

Hurlock, E.B. (2005). Child Development. Tokyo: Mc Graw-Hill Book Company.

Johnson, D. W. & Johnson, F. P. (2012). Dinamika Kelompok: Teori dan Keterampilan. Jakarta: PT Indeks.

Mayer, R.E. (1999). Designing Instruction for Constructivist Learning dalam Reigeluth, C.M. (ED):Instructional-design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory, volume II. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Moore, Peter. (2003). Environment of e-learning. UNESCO.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Ciputat :Persada Press.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.