Google Workspace for Education untuk Pebelajaran Berbasis ICT di Sekolah Muhammadiyah Kota Binjai

Irvan Irvan, Lutfi Basit, Halim Maulana, Mintahul Rizka Nasution, Rahmad Wahyudi

Abstract


Era revolusi indutri 4.0 memiliki dampak pada dunia pendidikan, yang dikenal dengan pembelajaran abad 21, yaitu pembelajaran berbasis teknologi atau disebut dengan ICT (Information and Communication Technology). Diperparah lagi dengan terjadinya pandemi COVID 19, yang mengharuskan kegiatan proses belajar dan mengajar dilakukan dari rumah. Sehingga peran ICT sebagai sumber belajar menjadi sangat penting. Sekolah Muhammadiyah di Kota Binjai mengalami dampak yang sama.

Tujuan umum dari kegiatan pengadian ini adalah untuk memaksimalkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menerapkan Google Workspace for Education. Sedangkan tujuan khususnya adalah guru mampu menerapkan Google Worrkspace for Education pembelajaran.

Pengabdian akan dilaksanakan di sekolah mitra yaitu di Sekolah Muhammadiyah Kota Binjai di Jl Perintis Kemerdekaan No. 122, Kel. Pahlawan, Kec. Binjai Utara, Kota Binjai. Metode kegiatan pengabdian adalah dengan melaksanakan workshop kepada mitra. Pelaksanaan pengabdian diawali dengan membuat media pembelajaran daring kemudian penerapan Google Workspace For Education. Dengan kegiatan workshop diharapkan mitra dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah Muhammadiyah Kota Binjai menerapkan Google Workspace for Education.

Keywords


Media Pembelajaran, Daring, Google Workspce for Education, Revolusi Industri 4.0, ICT

Full Text:

PDF

References


Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Diana, (2020). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Matematika Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi p-ISSN: 0852-0240 | e-ISSN: 2746-4016 Vol 14, No 1, November 2020. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/963/900

Ismail Hanif, Ismail Saleh, Nur afifah, (2020) Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D. Prodikmas, Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, LP2M UMSU, Vol4, No.2 Juni 2020.

Nasution, I. S., & Siregar, E. S. (2021). Implementasi Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Bagi Guru SD Muhammadiyah 12 Medan. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 206-212.

Redhana I.W., 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam embelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, Januari 2019. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824/8934

Sari, I. P., Al-Khowarizmi, & Batubara, I. H. (2021). Implementasi Aplikasi Mobile Learning Sistem Manajemen Soal dan Ujian Berbasis Web Pada Platform Android. Ihsan Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 178-183.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.