Pengembangan Model Kemitraan UMKM Dan Koperasi Dalam Memasarkan Produk Desa Wisata Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa

Dian Septiana Sari, Efrizal Adil, Irawan Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi pengembangan model kemitraan UMKM dan Koperasi dalam memasarkan produk desa wisata dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Lolomoyo Tuhemberua, Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kota Gunungsitoli (2) Untuk mengetahui faktor penghambat pengembangan model kemitraan UMKM dan Koperasi dalam memasarkan produk desa wisata Desa Lolomoyo Tuhemberua, Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kota Gunungsitoli. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan prosedur penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall dengan adaptasi dan modifikasi dalam tahapannya. Penelitian ini dilakukan kegiatan eksplorasi, yang terdiri dari studi pendahuluan, penyusunan model konseptual, validasi dan revisi, serta uji coba model. Hasil penelitian ini menjelaskan model pengembangan UMKM dengan analisis Strategi SWOT yang tepat untuk Pelaku usaha Desa Lolomoyo Tuhemberua dalam mengembangkan usahanya dan menghadapi persaingan antar usaha UMKM yang lain adalah strategi penetratsi pasar yang muncul dari matriks QSPM. Faktor yang menjadi keunggulan Pelaku usaha Desa Lolomoyo Tuhemberua yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing dalam menghadapi persaingan antar usaha yaitu faktor harga yang lebih murah. Terdapat 9 faktor kunci strategis yang mempengaruhi persaingan Pelaku usaha Desa Lolomoyo Tuhemberua dengan para pesaingnya, faktor strategis tersebut yaitu keuangan, harga, teknik operasional, biaya operasional, sarana dan prasarana, promosi dan periklanan, fasilitas transportasi, kualitas pelayanan, kelengkapan peralatan operasional usaha

Keywords


Model Pengembangan Usaha, SWOT, Matrik QSPM

Full Text:

PDF

References


Agustina, Tri Siwi. Kewirausahaan (Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UMKM di Indonesia). Jakarta: Mitra Wacana Media. 2015.

Amirullah.Manajemen Strategi Teori Konsep Kineja. Jakarta: Mitra Wacana Media. 2015

Arina Romarina, Economic Recilience Industri Kreatif guna Menghadapi Globalisasi dalam Rangka Ketahanan Nasional, Jurnal Ilmu Sosial, Vol.15, No.1, Februari 2016.

Arjana,I Gusti Bagus, Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers. 2016.

Arsyad, Lincolin. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. 2015.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.

Dani Danuar Tri U. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang.Semarang: Universitas Diponogoro Semarang. 2013.

Faisal, and Ismail Koto. 2021 "Penerapan Eksekusi Jaminan Fidusia Pada Benda Bergerak Terhadap Debitur Wanprestasi" Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 4.2

Ida Hanifah. 2021 Peluang Tenaga Kerja Asing Untuk Bekerja Di Indonesia Berdasarkan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum. 6.1.

Koto, Ismail. 2021 "Kewenangan Jaksa Dalam Melakukan Penggabungan Perkara Korupsi Dan Money Laundering (Studi Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara)." Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum 2.2.

Femy M. G Tulusan, Very Y. Londa, Peningkatan Pendapatan Masyarakat melalui Program Pemberdayaan di Desa Lolah II Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa, Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, Vol. 1, No.1, 2014

Ghalib Agfa Polnaya. Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal untuk Meningkatkan Daya Saing pada UMKM Ekonomi Kreatif Batik Bakaran di Pati,Jawa Tengah,Semarang: Universitas Diponogoro Semarang. Semarang. 2013.

Lexy J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.

M. Th. Handayani, Ni Wayan Putu Artini, Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Pembuat Makanan Olahan Terhadap Pendapatan Keluarga. Jurnal Sosial Ekonomi, Vol.5, 2009.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2011.

Mankiw, Gregori.Pengantar Ekonomi Jilid 2. Jakarta:Erlangga. 2015.

Moelyono,Maulid. Menggerakkan Ekonomi Kreatif antara Tuntutan dan Kebutuhan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2010.

Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi. Metode Penelitian. Jakarta; Bumi Aksara.2015.

Partomo Titik Sartika, Ekonomi Koperasi, Bogor: Ghalia Indonesia, 2013

Pangestu, Mari Elka. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Departemen Perdagangan RI. 2008.

Raharja, Prathama, Mandala Manurung.Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi dan Makroekonomi) edisi ketiga.Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 2008.

Sugiyono.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta, 2015.

Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.

Suparyanto.Kewirausahaan Konsep dan Realita pada Usaha Kecil.Bandung: Alfabet. 2016.

Suryana, Ekonomi Kreatif. Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat 2013.

Tulus T.H. Tambunan. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Bogor: Ghalia Indonesia. 2017.

Umi Rohmah. Analisi Peran Ekonomi Kreatif dalam Peningkatan Pendapatan Pengrajin ditinjau dari Perspektik Ekonomi Islam. Lampung: UIN Raden Intan Lampung. 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.