PKM Pemanfaatan Lahan Pekarangan dalam Menambah Pendapatan Keluarga di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Sedang

Mailina Harahap, M Taufik Lesmana

Abstract


Desa Sidodadi Ramunia merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Desa Sidodadi Ramunia memiliki luas wilayah 779 Ha dan sebanyak 450 Ha dari luas lahan yang ada merupakan lahan pertanian sehingga sebahagian besar masyarakat bermata pencaharaian sebagai petani. Pada umumnya lahan pertanian yang diusahakan adalah lahan sawah dan hal tersebut menjadikan desa Sidodadi Ramunia merupakan salah satu desa sentra produksi padi di Kabupaten Deli Serdang. Meningkatnya kebutuhan hidup menyebabkan masyarakat desa tidak bisa bergantung hanya dengan mengusahakan pertanian sawah yang mereka usahakan. Maka perlu adanya sumber pendapatan tambahan untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga. Permasalahan yang terdapat pada masyarakat Desa Sidodadi Ramunia adalah; 1). masih banyak ditemukan pekarangan rumah yang belum termanfaatkan secara optimal, 2). Masih rendahnya pengetahuan ibu-ibu dalam mengusahakan lahan pekarangan dengan berbagai tanaman obat tradisional yang bisa memberikan tambahan pendapatan untuk rumahtangga. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh penyelesaian dari permasalahan adalah dengan memberikan metode pelaksanaan antara lain; 1). penyuluhan, 2). Pemberian bibit tanaman obat seperti; jahe dan kunyit, 3). Pendampingan. Pada kegiatan penyuluhan di ketahui antusias dan motivasi ibu-ibu begitu besar untuk memulai memanfaatkan pekarangan secara optimal.

Keywords


lahan pekarangan, tanaman obat tradisional, pendapatan keluarga

Full Text:

PDF

References


A., S, R. (2013). Pembinaan Masyarakat Berbasis IPTEKS. Bandung: Citapustaka Medan Perintis.

Corps, M. (2007). Definisi Ketahanan Pangan.

Kurnianingsih, A, N., Darma Setyati, D., & Syawal, Y. (2015). Optimalisasi Lahan Perkarangan dengan Budidaya Tnaman Lidah Buaya yang Berkhasiat Obat di Desa Purna Jaya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Pengabdian Sriwijaya, 2124.

Nurlina, Adnan, & Safrizal. (2019). Pemanfaatn Lahan Pekarangan dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Pada Desa Blang Batee Kabupaten Aceh Timur. Global Science Society Pengabdian Masyarakat, 1(1), 97107.

Sumarmiyati, & Rahayu, S. W. . (2015). Potensi Pengembangan Tanaman Obat Lokal Skala Rumah Tangga untuk Mendukung Kemandirian Pangan dan Obat di Samarinda, Kalimantan Timur. Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia 1(2), 330336.

Tukiman. (2004). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk Kesehatan Kleuarga. Retrieved from library.usu.ac.id/download/fkm/fkmtukiman.pdf




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.