Preferensi Konsumen Kota Medan Terhadap Atribut Jeruk Lemon Lokal
Abstract
Dalam proses pembelian jeruk lemon lokal, konsumen akan memperhatikan atribut seperti harga, rasa, warna, ketersediaan produk, dan kualitas. Dengan atribut tersebut, konsumen memiliki preferensi yang berbeda dalam mengambil keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui karakteristik konsumen jeruk lemon lokal di Kota Medan (2) Untuk mengetahui atribut utama yang paling dipertimbangkan dalam membeli jeruk lemon lokal di Kota Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis Fishbein yang dapat memberikan informasi tentang hubungan antara pengetahuan produk yang dimiliki konsumen dan sikap terhadap produk pada karakteristik atau atribut produk sehingga membentuk sikap yang komprehensif terhadap produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik konsumen jeruk lemon lokal didominasi oleh jenis kelamin perempuan sebanyak 63%, usia antara 17-29 tahun 61%, berprofesi sebagai pegawai swasta 29%, pendidikan sarjana 57% dan memiliki penghasilan. dari Rp. 1.500.000 - Rp. 2.500.000,- per bulan sebanyak 27%. (2) Atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian jeruk lemon lokal adalah harga (19,94), ketersediaan produk (18,61), kualitas (17,86), rasa (17,36), dan warna (14,48 ).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fandi Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran (ketiga). Jogyakarta: Andi Jogyakarta.
Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran (10th ed.). Jakarta: Prehalindo.
Krisnawan, A. H., Budiono, R., Sari, D. R., & Salim, W. (2017). Potensi Antioksidan Ekstrak Kulit dan Perasan Daging Buah Lemon (Citrus Lemon) Lokal DAN Impor. Jurnal Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 3034.
Poerwadarminta, W. J. . (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia (III). Jakarta: Balai Pustaka.
Statistik, B. P. (2020). Statistik Indonesia.
Sumarwan, U. (2002). Perilaku KOnsumen. Ghalia, Indonesia.
Tomy Prasetia. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Cabe Merah Di Kecamatan Tembilahan.Jurnal Agribisnis, 8(1), 2635. https://doi.org/10.32520/agribisnis.v8i1.814
Yosafat, J., Mulyani, S., & Hartiati, A. (2019). Analisis Keputusan Konsumen Terhadap Pembelian Jeruk Kintamani Di Kota Denpasar. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(2), 311. https://doi.org/10.24843/jrma.2019.v07.i02.p14
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=RnA-DwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PA26#v=onepage&q&f=false
DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8406
Refbacks
- There are currently no refbacks.
