Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri terhadap Nilai Blok Pertama pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahun Ajaran 2018/2019

Rima Rahmi Putri Harahap, Desi Isnayanti

Abstract


Latar Belakang: Pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri yang dapat didukung oleh kesiapan belajar mandiri (SDLR). Tingkat SDLR dapat mempengaruhi dan memperkirakan keberhasilan belajar seseorang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 129 mahasiswa tahun pertama FK UMSU tahun ajaran 2018/2019 yang diambil dengan teknik total sampling. Hasil: Sebagian besar mahasiswa memiliki skor SDLR tinggi dengan 97 mahasiswa, kemudian disusul dengan skor SDLR sedang sebanyak 32 mahasiswa (24,8%), dan tidak ada mahasiswa dengan skor SDLR rendah (0%). Dari nilai ujian akhir blok, sebagian besar siswa memperoleh prestasi lulus dengan jumlah 55 siswa (42,6%). Dari uji Kruskal-Wallis diperoleh nilai P sebesar 0,568. Artinya tidak ada korelasi antara kesiapan belajar mandiri dengan skor blok pertama. Kesimpulan: Kesiapan belajar mandiri tidak ada hubungan dengan nilai blok I mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: kesiapan belajar mandiri, pembelajaran mandiri, SDLR, prestasi belajar, skor blok pertama.


Full Text:

PDF

References


Papilaya JO, Huliselan N. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi UNDIP. 2016; 15.

Harsono. Kearifan dalam Transformasi Pembelajaran : Dari Teacher-Centered ke Student-Centered Learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia. 2006; 1.

Fitri AD. Penerapan Problem based learning (PBL) Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. JMJ. 2016; 4: 95-100.

Leatemia LD, Susilo AP, Berkel HV. Self-directed learning readiness of Asian students: students perspective on a hybrid problem based learning curriculum. International Journal of Medical Education. 2016; 7: 385-392.

Kan’an A, Osman K. The Relationship between Self-Directed Learning Skills and Science Achievement among Qatari Students. Creative Education. 2015; 6: 790-797.

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Panduan Akademik Fakultas Kedokteran UMSU. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara; 2015.

Zulharman, Haryono KA. Peran self directed learning readiness pada prestasi belajar mahasiswa tahun pertama fakultas kedokteran Universitas Riau. J Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia. 2008; 3: 104–1.

Saputra O, Lisiswanti R, Aftria MP. Korelasi Self-Directed Learning Readiness (SDLR) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Artikel Ilmiah Dies Natalis FK Unila ke 13. 2015; 31-35.

Islam S, Puspitasari KA. Pengembangan Instrumen Evaluasi Diri Untuk Mengukur Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Pada Pendidikan Tinggi Terbuka & Jarak Jauh di Indonesia. Tangerang: Universitas Terbuka; 2011; 1-21.

Dahlan MS. Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan Seri 1Edisi 6. Jakarta: Epidemiologi Indonesia; 2016.

Nyambe H, Harsono, Rahayu GR. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Self Directed Learning Readiness Pada Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua dan Ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2016; 5:67-77.

Abraham RR, Fisher M, Kamath A, Izzati TI, Nabila S, Nur NA. Exploring First Year Undergraduate Medical Students’ Self directed Learning Readiness to Physiology. Advan in Physiol Edu. 2011; 35: 393-395.

Loyens SMM, Kirschner P, Paas F. Problem-Based Learning. APA Educational Psychology Handbook. 2011; 2.

Barret T. Understanding problem-based learning. Dublin: University College Dublin; 2016 [cited 2018 May 11]. Available from: http://www.researchgate.net/publication/242683636_Understanding_problem-based_learning

Klotz JC. An Examination of the Relationship between Self-Directed Learning Readiness and Academic Achievement in First Semester College Students. Doctoral Dissertation. Minneapolis : Capella University ; 2011

Hsu YC, Shiue YM. The Effect of Self-Directed Learning Readiness on Achievement Comparing Face-to-Face and Two-Way Distance Learning Instruction. International Journal of Instructional Media. 2005; 32: 143-155.

Santoso E. Hubungan Belajar Mandiri dengan Prestasi Belajar PAI Siswa MTs Negeri 1 Konawe Selatan. Skripsi. Kendari: IAIN Kendari; 2017 [cited 2018 Jun 1]. Available from: http://digilib.iainkendari.ac.id/skripsi%lengkap/ pdf.

Nurmadiah, Asni E, Risma D. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama. Pekanbaru: Universitas Riau; 2012 [cited 2018 May 11]. Available from: https://repository.unri.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/366/nurmadiah.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Mahmud. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia; 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Famj.v4i1.4764