Efektivitas Hasil Proses Belajar Mengajar Dengan Menggunakan Pendekatan Berbasis TPACK di SD Swasta Yakhada Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara

Annisa Putri Harahap, Ismail Saleh Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan berbasis TPACK dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan TPACK dan siswa yang tidak menggunakan pendekatan Berbasis TPACK pada pembelajaran tematik kelas V tema 6 subtema 1 SD Swasta Yakhada Kecamatan Hamparan Perak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri atas 44 siswa, sampel penelitian dipilih atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengambilan sampel penelitian pada populasi kelas, kelas V A sebanyak 23 siswa dan kelas V B sebanyak 21 siswa. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji-t. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, untuk menganalisis data hasil tes pembelajaran menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar atau rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 80,9 dan rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 90. Uji-t pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa t hitung 2,566 > t tabel 0,018 dalam taraf signifikan 5 %. Sedangkan pada kelas control menunjukkan bahwa t hitung 2,772 > t tabel 0,012 dalam taraf signifikan 5 %. Dengan demikian kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan pendekatan berbasis TPACK memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan pendekatan berbasis TPACK.

Keywords


Pendekatan TPACK, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abbit, J. T. (2011). Measuring technological pedagogical content knowledge in preservice teacher education: A review of current methods and instrumens. Journal of research on Technology in Education, 43 (4), 281-300

Akhwani, & Nurizka, R. (2021). Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 446-454. https://doi.org/https:doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.706 Copyright

Alfianika, N. (2016). Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online Offline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2 (1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2il.3284

Baser, D., Kopcha, T.J., 7 Ozden, M. Y. (2016). Developing a technological pedagogical content knowledge (TPACK) assessment for preservice teacher learning to teach English as a foreign language. Computer Assisted Language Learning, 29(4), 749-764. https://doi.org/10.1080/09588221.2015.1047456

Canbazoglu Bilici, S., Guzey, S. S., & Yamak, H. (2016). Assessing preservice science teacher technological pedagogical content knowledge (TPACK) through observations and lesson plans. Research in Science & Technological Education, 34 (2), 237-251.

Cuhadar, C. (2018). Investigation of pre-service Teacher Level of Readiness to Technology Integration in Education. Contemporary Education Technology, 9(1), 61-75

Danim Sudarwan dan Darwis, 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Dimyati dan Mudjono. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta; Jakarta. Djamarah. S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar, PT. Adimahasyatiah; Jakarta

Djarwanto, 2003. Statistik Non Parametik, Bandung: BPFE.

Framework for 21st Century Learning P21. (t.t). Diambil 4 Agustus 2018, dari http://p21.org/our-work/p21-framework

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta; Buni Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung; Pustaka Setia

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Jang, S.-J., & Tsai, M.-F. (2012). Exploring the TPACK of Taiwanese elementary mathematics and science teachers with respect to use of interactive whiteboards, Computers & Education , 59(2), 327-338. http//doi.org/10.1016/j.compedu.2012.02.003

Koehler, M. J., & Mishra, P., Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Journal education, 193(3), 13-19

Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Contemporary issues in technology and teacher education, 9(1), 60-70.

Maeng, J., Mulvery, B., Smetana, L., & Bell, R. (2013). Preservice Teacher TPACK: Using Technology to Support Inquiry Instruction. Journal of Science Education and Technology, 22(6), 838-857.

Mouza, C. (2016). Developing and assessing TPACK among pre-service teacher. Handbook of technological pedagogical content knowlwdge (TPACK) for educator, 169

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muilenburg, L., & Berge, Z. (2015). Revisiting teacher preparation. Quarterly Review of Distance Education Journal Issue, 16(2), 93-105.

Munawar, H. (2019). The application of STAD-Cooperative Learning Model: Efforts to increase motivation and Learning Outcomes of students in Class 5 SD N 07 Ledok Salatiga in Mathematics subjecth in Folding Symmetry and Rotating Symmetry topics. Mudarrisa: Jurnal kajian Pendidikan Islam, 11(2), 114-135.

Purwanto.2011. Evaluasi Hasil Belajar, (yogyakarta:Pustaka Belajar. 2009) hal.64

Purwanto, M.N Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007

Raman, A. (2014). TPACK Confidence of Pre-service Teacher in Universiti Utara Malaysia. Mediterranean journal of Social Sciences. http://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n22p167

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Slim, C., Finger, G., & Smart, V. (2016). 4Developing TPACK: Envisioning Technological Pedagogical Reasoning. Dalam Handbook of technological pedagogical content knowledge (TPACK) for educator (hlm. 63-72). Routledge.

Spector, J. M., Merrill, M. D., Elen, J., & Bishop,M. J. (2014). Handbook of research on educational communications and technology: Fourth edition. Handbook of Research on Education Communications and Technology: Fourth Edition, 1-1005. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5

Sugiyono, (2012). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD, Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i2.10278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License